Peningkatan Kemampuan Guru Dalam Menggunakan Komputer Pada Pembelajaran Melalui Pelatihan TIK Di SLBN 2 Lombok Timur
Keywords:
Penelitian Tindakan Sekolah, Teknologi Informasi, Kemampuan PendidikAbstract
Adapun tujuan penelitian tindakan sekolah adalah untuk meningkatkan kemampuan guru dalam penggunaan computer dalam pembelajaran, selain itu guru juga diharapkan pada saat proses pembelajaran melalui pelatihan TIK dapat menggunakan media yang tepat dan efektif dan menyenangkan bagi siswa. Selain itu penelitian ini juga mempunyai beberapa tujuan antara lain: 1).Untuk mengetahui peningkatan guru dalam memanfaatkan komputer pada waktu proses belajar mengajar.2).Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran dengan menggunakan komputer di SLBN 2 lombok Timur.
Berdasarkan hasil Penelitian Tindakan Sekolah dapat disimpulkan sebagai berikut. pelatihan Peningkatan kemampuan guru dalam menggunakan komputer pada pembelajaran di SLBN 2 Lombok Timur dapat meningkatkan kemampuan pendidik dalam menggunakan Teknologi Informasi. Sebagaimana tuntutan kurikulum 2013 yang menuntut dengan pembelajaran modern yaiutu dengan memanfaatkan Teknologi informasi zaman sekarang,
Pada massa pandemic covid-19 yang mengakibatkan social distancing dan fisikal distencing mengakibatkan pembelajaran yang semula tatap muka dirubah menjadi pembelajaran daring. Dengan pelatihan ini juga pendidik bisa melakukan pembelajran daring untuk tetap melaksanakan Pendidikan walaupun dari jarak jauh.
Downloads
References
Depdiknas. 2003. UU RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Depdiknas.
Depdiknas. 2005. UU RI No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, Jakarta: Depdiknas
Depdikbud. 1989, Undang-UndangRepuplik Indonesia, No. 2 Tahun 1989 Tentang Pendidikan Nasional, Jakarta, Depdikbud
id.wikipedia.org/wiki/Sejarah_komputer
Joni. T.Raka, 1992, Pokok-Pokok Pikiran Mengenai Pendidikan Guru, Dirjendikti Depdikbud
Miarso, Yusuf hadi. 2004. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta, Kencana.
Sagala, H. Syaiful. 2006, Administrasi Pendidikan Kontemporer, Bandung, Alfabeta.
Sanjaya. Wina, 2006, Stategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta, Kencana Prenada Media
Sardiman, AM. 2004, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta, Raja Grafindo Persada
Suparlan. 2005. Menjadi Guru Efektif. Yogyakarta, Hikayat Publishing.
Surya. Moh. 1992, Psikologi Pendidikan, Bandung, IKIP Bandung
Surya. Mohamad. 2004, Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran, Bandung, Bani Quraisy
Suwarno. Wiji. 2006. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan, Jogjakarta, Ar-Ruzz Media
Tirtarahardja. Umar dan La Sula. 2000, Pengantar Pendidikan, Jakarta, RenekaCipta
Wardhani, IGAK.; Wihardit, 2008. Penelitian tindakan sekolah. Jakarta, Depdiknas Universitas Terbuka
www.likethisya.com/pengertian-komputer.html
www.pengertianahli.com/2013/07/pengertian-teknologi-informasi-dan.html
Published
Versions
- 01/30/2021 (3)
- 01/29/2021 (2)
- 01/29/2021 (1)