This is an outdated version published on 01/29/2021. Read the most recent version.

Peningkatan Kemampuan Guru Dalam Menggunakan Komputer Pada Pembelajaran Melalui Pelatihan TIK Di SLBN 2 Lombok Timur

https://doi.org/10.53952/jir.v9i1.310

Authors

Keywords:

Penelitian Tindakan Sekolah, Teknologi Informasi, Kemampuan Pendidik

Abstract

Adapun tujuan penelitian tindakan sekolah adalah untuk meningkatkan kemampuan guru dalam penggunaan computer dalam pembelajaran, selain itu guru juga diharapkan pada saat proses pembelajaran melalui pelatihan TIK dapat menggunakan media yang tepat dan efektif dan menyenangkan bagi siswa. Selain itu penelitian ini juga mempunyai beberapa tujuan antara lain: 1).Untuk mengetahui peningkatan guru dalam memanfaatkan komputer pada waktu proses belajar mengajar.2).Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran dengan menggunakan komputer di SLBN 2 lombok Timur.

Berdasarkan hasil Penelitian Tindakan Sekolah dapat disimpulkan sebagai berikut. pelatihan Peningkatan kemampuan guru dalam menggunakan komputer pada pembelajaran di SLBN 2 Lombok Timur dapat meningkatkan kemampuan pendidik dalam menggunakan Teknologi Informasi. Sebagaimana tuntutan kurikulum 2013 yang menuntut dengan pembelajaran modern yaiutu dengan memanfaatkan Teknologi informasi zaman sekarang,

Pada massa pandemic covid-19 yang mengakibatkan social distancing dan fisikal distencing mengakibatkan pembelajaran yang semula tatap muka dirubah menjadi pembelajaran daring. Dengan pelatihan ini juga pendidik bisa melakukan pembelajran daring untuk tetap melaksanakan Pendidikan walaupun dari jarak jauh.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Depdiknas. 2003. UU RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas. 2005. UU RI No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, Jakarta: Depdiknas

Depdikbud. 1989, Undang-UndangRepuplik Indonesia, No. 2 Tahun 1989 Tentang Pendidikan Nasional, Jakarta, Depdikbud

id.wikipedia.org/wiki/Sejarah_komputer

Joni. T.Raka, 1992, Pokok-Pokok Pikiran Mengenai Pendidikan Guru, Dirjendikti Depdikbud

Miarso, Yusuf hadi. 2004. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta, Kencana.

Sagala, H. Syaiful. 2006, Administrasi Pendidikan Kontemporer, Bandung, Alfabeta.

Sanjaya. Wina, 2006, Stategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta, Kencana Prenada Media

Sardiman, AM. 2004, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta, Raja Grafindo Persada

Suparlan. 2005. Menjadi Guru Efektif. Yogyakarta, Hikayat Publishing.

Surya. Moh. 1992, Psikologi Pendidikan, Bandung, IKIP Bandung

Surya. Mohamad. 2004, Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran, Bandung, Bani Quraisy

Suwarno. Wiji. 2006. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan, Jogjakarta, Ar-Ruzz Media

Tirtarahardja. Umar dan La Sula. 2000, Pengantar Pendidikan, Jakarta, RenekaCipta

Wardhani, IGAK.; Wihardit, 2008. Penelitian tindakan sekolah. Jakarta, Depdiknas Universitas Terbuka

www.likethisya.com/pengertian-komputer.html

www.pengertianahli.com/2013/07/pengertian-teknologi-informasi-dan.html

Published

01/29/2021 — Updated on 01/29/2021

Versions

How to Cite

Parjianta. (2021). Peningkatan Kemampuan Guru Dalam Menggunakan Komputer Pada Pembelajaran Melalui Pelatihan TIK Di SLBN 2 Lombok Timur . Journal Ilmiah Rinjani : Media Informasi Ilmiah Universitas Gunung Rinjani, 9(1), 211–222. https://doi.org/10.53952/jir.v9i1.310