PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PROGRAM LINEAR KELAS XI MIPA – 2 SMA NEGERI 1 SUKAMULIA

https://doi.org/10.53952/jir.v7i1.213

Authors

  • ANIK CHOLIDA

Keywords:

Penelitian tindakan, Linear Programing, pembelajaran kooperatif Think Pair Share

Abstract

Strategi pembelajaran kooperatif Think Pair Share (TPS) diimplementasikan dalam penelitian
tindakan kelas (PTK) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi program linier di XI
MIPA-2 SMA Negeri 1 Sukamulia. Hasil dari lembar pengamatan menunjukkan bahwa aktivitas
siswa telah meningkat dari 76,5% pada siklus pertama menjadi 80,4% pada siklus kedua dan
hasil tes skor rata-rata juga menunjukkan peningkatan dari 77,19 pada siklus pertama menjadi
81,41. Persentase siswa yang mendapat skor di atas nilai kelulusan meningkat dari 81% pada
siklus pertama menjadi 90% pada siklus kedua. Hasilnya menunjukkan bahwa penerapan
pembelajaran kooparatif dengan strategi Think pair share (TPS) dapat bermanfaat dalam
meningkatkan Hasil belajar siswa pada materi program linier.
Kata kunci : Penelitian tindakan, Linear Programing, pembelajaran kooperatif Think Pair Share

Cooperative learning strategy is Think Pair Share (TPS) implemented in the research action class
(PTK) to enhance student learning outcomes in a linear program material SCIENCES in XI-2 SMA
Negeri 1 Sukamulia. The result of the observation sheet shows that the activity of students has
increased from 76.5% in first cycle be 80.4% in the second cycle and test results average score also
shows an increase of 77.19 on the first cycle be 81.41. The percentage of students who scored
above the value of graduation increased from 81% in the first cycle of being 90% on the second
cycle. The results show that implementation of the learning strategy with kooparatif Think pair share
(TPS) can be beneficial in improving student learning Outcomes in a linear program material.
Keywords: action research, Linear Programing, cooperative learning, Think Pair Share

Downloads

Download data is not yet available.

Published

03/05/2020

How to Cite

ANIK CHOLIDA. (2020). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PROGRAM LINEAR KELAS XI MIPA – 2 SMA NEGERI 1 SUKAMULIA. Journal Ilmiah Rinjani : Media Informasi Ilmiah Universitas Gunung Rinjani, 7(1), 197–205. https://doi.org/10.53952/jir.v7i1.213