MENINGKATKAN AKTIFITAS DAN PRESTASI BELAJAR BIOLOGI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU DOMINO PADA SISWA KELAS XI IPA 1 SMAN 1 SEMBALUN TAHUN PELAJARAN 2016/2017

https://doi.org/10.53952/jir.v7i1.210

Authors

  • SUPRIADI BUDIMAN

Keywords:

aktifitas dan prestasi belajar, media kartu domino

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui apakah dengan menggunakan
media pembelajaran berbasis permainan menggunakan kartu domino dapat
meningkatkan aktivitas belajar siswa, dan (2) mengetahui apakah dengan
menggunakan media pembelajaran berbasis permainan menggunakan kartu domino
dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan mulai bulan
Oktober 2016 sampai dengan bulan Mei 2017. Jenis penelitian yang dipakai oleh
peneliti adalah penelitian Classroom Action Research. Subjek penelitian ini adalah
siswa kelas XI IPA SMAN 1 Sembalun tahun pelajaran 2016/2017. Berdasarkan
data yang didapatkan dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran
berbasis permainan kartu domino: (1) dapat meningkatkan aktifitas belajar.
Peningkatan ini dapat dilihat dari perolehan skor rata-rata pada siklus I sebesar 71,87
(tergolong cukup aktif), siklus II sebesar 81,67 (tergolong aktif), (2) dapat
meningkatkan prestasi belajar. Peningkatan ini dapat dilihat dari perolehan nilai ratarata
siswa pada siklus I sebesar 60,00, siklus II sebesar 72,71. Berarti ada
peningkatan sebesar 12,71. Sedangkan presentase ketuntasan belajar siswa pada
siklus I sebesar 37,50%, pada siklus II sebesar 83,33%, sehingga terjadi peningkatan
dari siklus I ke siklus II sebesar 45,83%.
Kata kunci: aktifitas dan prestasi belajar, media kartu domino

This study aims to: (1) determine whether using game-based learning media
using dominoes can improve student learning activities, and (2) find out
whether using game-based learning media using dominoes can improve
student learning achievement. This research was conducted from October
2016 to May 2017. The type of research used by researchers was Classroom
Action Research. The subject of this study was the XI IPA class students of
SMAN 1 Sembalun 2016/2017 academic year. Based on the data obtained it
can be concluded that learning media based on domino card games: (1) can
improve learning activities. This increase can be seen from the acquisition of
the average score in the first cycle of 71.87 (classified as quite active), the
second cycle of 81.67 (classified as active), (2) can improve learning
achievement. This increase can be seen from the acquisition of the average
value of students in the first cycle of 60.00, the second cycle of 72.71. That
means there is an increase of 12.71. While the percentage of students'
mastery learning in the first cycle was 37.50%, in the second cycle it was
83.33%, so there was an increase from cycle I to cycle II at 45.83%.
Keywords: learning activities and achievements, domino media

Downloads

Download data is not yet available.

Published

03/05/2020

How to Cite

SUPRIADI BUDIMAN. (2020). MENINGKATKAN AKTIFITAS DAN PRESTASI BELAJAR BIOLOGI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU DOMINO PADA SISWA KELAS XI IPA 1 SMAN 1 SEMBALUN TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Journal Ilmiah Rinjani : Media Informasi Ilmiah Universitas Gunung Rinjani, 7(1), 159–166. https://doi.org/10.53952/jir.v7i1.210