MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGAPRESIASI CERITA FIKSI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CIRC SISWA KELAS X IPS 2 SMA NEGERI 1 WANASABA TAHUN PELAJARAN 2018/2019

https://doi.org/10.53952/jir.v7i2.201

Authors

  • BAIQ RUSNI HATI DERITA

Keywords:

Apresiasi Cerita Fiksi, Kooperatif tipe CIRC

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran kooperatif tipe CIRC
dalam mengapresiasi cerita fiksi pada siswa kelas X.IPS.2 SMA Negeri 1 Wanasaba, (2)
mengetahui tingkat pencapaian siswa Kelas X.IPS.2 SMA Negeri 1 Wanasaba dalam
mengapresiasi cerita fiksi melalui model pembelajaran kooperatif tipe CIRC, dan (3) melalui
model pembelajaran kooperatif tipe CIRC dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas X SMAN
dalam mengapresiasi cerita fiksi. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek
penelitian adalah seluruh siswa kelas X.IPS.2 SMA Negeri 1 Wanasaba Kecamatan Wanasaba
Kabupaten Lombok Timur Provinsi Nusa Tenggara Barat, sebanyak 16 orang siswa yang terdiri
dari 8 orang perempuan dan 8 orang laki-laki pada tahun pelajaran 2018/2019 disemester ganjil.
Dari hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe CIRC dapat
meningkatkan kemampuan mengapresiasi cerita fiksi pada siswa kelas X.IPS.2 SMA Negeri 1
Wanasaba Kecamatan Wanasaba Kabupaten Lombok Timur Provinsi Nusa Tenggara Barat yang
dilihat dari hasil tes formatif pada setiap siklusnya. Hasil analisis data disimpulkan bahwa model
pembelajaran kooperatif tipe CIRC dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam mengapresiasi
cerita fiksi. Model pembelajaran kooperatif tipe CIRC perlu dijadikan referensi dalam kegiatan
pembelajaran, khususnya dalam mengapresiasi cerita fiksi.
Kata kunci : Apresiasi Cerita Fiksi, Kooperatif tipe CIRC

This research aims (1) to know the implementation of cooperative learning in the case of the
CIRC. type fiction at grade X. IPS 2 SMA Negeri 1 Wanasaba, (2) know the level of achievement
of the students of class X. IPS 2 SMA Negeri 1 Wanasaba in the case of fiction through
cooperative learning model type CIRC., and (3) through cooperative learning model can improve
the CIRC. type grade X SMAN in case of fiction. The research is the study of the subject with the
class action is the entire grade X. IPS 2 SMA Negeri 1 Wanasaba Wanasaba subdistrict of East
Lombok Regency of West Nusa Tenggara province, as many as 16 students of 8 women and 8
men in the lesson 2018/2019 disemester odd. From the results of the study showed that
cooperative learning model types can improve CIRC. appreciate fiction at grade X. IPS 2 SMAN 1
Wanasaba, Wanasaba subdistrict of East Lombok Regency of West Nusa Tenggara province
which Judging from the results of formative tests on each cycle. The results of data analysis it
was concluded that cooperative learning model can improve the CIRC. type students in the case
of fiction. Cooperative learning model type CIRC. need become reference in the learning
activities, particularly in the case of fiction.
Keywords: appreciation of the Fiction, the Cooperative type of CIRC.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

03/05/2020

How to Cite

BAIQ RUSNI HATI DERITA. (2020). MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGAPRESIASI CERITA FIKSI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CIRC SISWA KELAS X IPS 2 SMA NEGERI 1 WANASABA TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Journal Ilmiah Rinjani : Media Informasi Ilmiah Universitas Gunung Rinjani, 7(2), 165–177. https://doi.org/10.53952/jir.v7i2.201