PEMANFAATAN LIMBAH BATOK KELAPA UNTUK MENINGKATKAN KREATIFITAS SENI RUPA 3D PESERTA DIDIK KELAS X IPA 1 SMA NEGERI 1 PRINGGABAYA DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASE LEARNING TAHUN PELAJARAN 2017/2018

https://doi.org/10.53952/jir.v7i2.199

Authors

  • AMBAR RODI

Keywords:

Limbah Batok Kelapa, Model Project Based Learning, , Prestasi Belajar

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah Untuk mengetahui bahwa limbah batok
kelapa merupakan bahan untuk meningkatkan kreatifitas dan prestasi siswa dalam pembelajaran
Seni rupa 3 dimensi; proses penerapan model pembelajaran project based learning dapat
meningkatkan prestasi berkarya seni rupa peserta didik kelas X IPA 1 SMAN 1 Pringgabaya
tahun pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang
dilaksanakan dalam 2 siklus, dimana siklus I dan siklus II masing-masing terdiri dari 2 pertemuan
untuk proses pembelajaran dan sekali pertemuan untuk evaluasi. Setiap siklus dari tahap
perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi dan refleksi. Subjek penelitian in adalah
peserta didik kelas X IPA 1 SMAN 1 Pringgabaya tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 32
orang. Data aktivitas belajar peserta didik diperoleh melalu lembar pengamatan, dan prestasi
belajar peserta didik dikumpulkan melalui tes praktik setiap akhir siklus. Indikator aktivitas dan
prestasi belajar peserta didik dikatakan telah meningkat apabila rata-rata skor aktivitas meningkat
dan hasil evaluasi sudah mencapai 75 serta ada peningkatan setiap siklusnya. Hasil penelitian
pada siklus I diperoleh skor aktivitas belajar rata-rata 14,18 dengan kategori baik, dan hasil
evaluasi rata-rata kelas 76, sedangkan pada siklus II skor aktivitas belajar 15,6 kategori baik, dan
hasil evaluasi rata-rata kelas 84. Hasil ini menunjukkan bahwa pemenfaatan Limbah Batok
Kelapa dengan penerapan model pembelajaran project based learning dapat meningkatkan
prestasi berkarya seni rupa peserta didik kelas X IPA 1 SMAN 1 Pringgabaya tahun pelajaran
2017 / 2018.
Kata Kunci : Limbah Batok Kelapa, Model Project Based Learning, , Prestasi Belajar

Objective to be achieved in this research is to know that waste coconut shell is a material to
enhance the creativity and student achievement in the study of 3 dimensional art; the process of
applying the model of learning project based learning can enhance the achievements of the work
of art students class X 1 IPA SMAN 1 Pringgabaya years lessons 2017/2018. This type of
research this is a class action research conducted in 2 cycle, where the cycle I and cycle II each
consist of two meetings to the learning process and once the meeting for evaluation. Each cycle
from the planning phase, the implementation of the action, observation, evaluation and reflection.
The subject of research in is X-grade learners IPA 1 SMAN 1 Pringgabaya years lessons
2017/2018 that add up to 32 people. Learners learning activities data obtained through
observation sheets, learning achievement and learners practice tests gathered through each end
of the cycle. Indicators of activity and learning achievements of students are said to have
increased in average score increased activity and the evaluation results already reached 75 and
there is an increase in each cycle. The results of the research on cycle I gained score learning
activities averaged 14.18 with the category, and the results of the evaluation of the average class
76, while on cycle II score 15.6 category learning activities, and the results of the evaluation of 84
grade average. These results indicate that pemenfaatan Waste coconut shell by application of
model learning project based learning can enhance the achievements of the work of art students
class X 1 IPA SMAN 1 Pringgabaya year 2017/2018 lessons.
Key Words: Waste Coconut Shell, Model Of Project Based Learning, Achievement, Learning

Downloads

Download data is not yet available.

Published

03/05/2020

How to Cite

AMBAR RODI. (2020). PEMANFAATAN LIMBAH BATOK KELAPA UNTUK MENINGKATKAN KREATIFITAS SENI RUPA 3D PESERTA DIDIK KELAS X IPA 1 SMA NEGERI 1 PRINGGABAYA DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASE LEARNING TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Journal Ilmiah Rinjani : Media Informasi Ilmiah Universitas Gunung Rinjani, 7(2), 146–151. https://doi.org/10.53952/jir.v7i2.199