PENINGKATAN MUTU GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN MELALUI PENERAPAN SUPERVISI KLINIS KEPALA SEKOLAH DI SMK NEGERI 2 SELONG TAHUN PELAJARAN 2018/2019

https://doi.org/10.53952/jir.v7i2.196

Authors

  • HASBI AHMAD

Keywords:

Mutu Guru Dalam Proses Pembelajaran, Penerapan Supervisi Klinis Kepala Sekolah

Abstract

Tujuan dari penelitian tindakan sekolah (PTS) ini adalah untuk mengetahui sejauh
mana pembinaan kepala sekolah melalui supervisis Klinis untuk meningkatkan
kinerja guru dalam melaksanakan pembelajaran. Dalam penelitian tindakan sekolah
(PTS) ini dilakukan dalam 3 siklus, dari hasil tindakan yang dilakukan terbukti dapat
meningkatkan kinerja guru dengan mencapai standar ideal. Dari 65,50 % pada siklus
I, dapat meningkat menjadi 72,50 % pada siklus II, dan siklus ke III 83,75 %. Hasil
penelitian tindakan ini menunjukkan bahwa pembinaan melalui supervisi Klinis dapat
meningkatkan kinerja guru dalam melaksanakan pembelajaran, dengan ketuntasan
mencapai 100 %.
Kata kunci: Mutu Guru Dalam Proses Pembelajaran, Penerapan Supervisi Klinis
Kepala Sekolah

The purpose of the action research school is to find out the extent to which the
construction of the head of school through Clinical supervisis to improve the
performance of the teacher in the learning. Action research in school was performed
in 3 cycles, from the results of actions undertaken proved can improve the
performance of teachers by achieving the ideal standard. From 65.50% in cycle I, can
be increased to 72.50% in cycle II, and III to 83.75% cycle. This action research
results indicate that coaching through Clinical supervision can improve the
performance of the teacher in the learning, with ketuntasan reaches 100%.
Keywords: Quality of teachers in the learning process, the application of the
principal Clinical Supervision

Downloads

Download data is not yet available.

Published

03/05/2020

How to Cite

HASBI AHMAD. (2020). PENINGKATAN MUTU GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN MELALUI PENERAPAN SUPERVISI KLINIS KEPALA SEKOLAH DI SMK NEGERI 2 SELONG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Journal Ilmiah Rinjani : Media Informasi Ilmiah Universitas Gunung Rinjani, 7(2), 113–126. https://doi.org/10.53952/jir.v7i2.196