PERBANDINGAN PERILAKU KONSUMEN SEKOLAH DASAR NEGERI DAN SEKOLAH DASAR SWASTA TERHADAP BULLYING ANAK DI KOTA MATARAM
Keywords:
Perilaku konsumen, Sekolah Dasar, Bullying, Pangsa PasarAbstract
Bullying adalah sikap merendahkan orang lain yang dapat terjadi berulang dan dapat menimpa siapa saja dan dimanapun. Dampak bullying sangat besar bagi perkembangan hidup seseorang karena dapat berakibat pada fisik dan mental. Hal ini menjadi kekhawatirkan konsumen sekolah Dasar Negeri (SDN) ataupun Sekolah Dasar Swasta (SDS), mereka tidak ingin salah menentukan sekolah anak, karena akan berimbas bagi masa depannya. Menggunakan metode penelitian kualitatif komparasi, dan melakukan wawancara langsung dengan responden, peneliti mencoba menganalisa perilaku konsumen SDN dan SDS terhadap Bullying anak di kota Mataram, bagi konsumen SDN bullying verbal masih dianggap wajar sementara konsumen SDS lebih kritis serta mengawasi setiap hal terkait bullying diharapkan mendapatkan perhatian tegas dari sekolah. Konsumen SDS merupakan mereka yang memiliki kebutuhan khusus lebih dari solusi yang bisa dipenuhi SDN, sehingga SDS jika tidak ingin kehilangan konsumennya, perlu lebih memperhatikan hal- hal yang diinginkan konsumennya salah satunya bullying anak. Sementara untuk SDN yang memiliki pangsa pasar yang relatif besar, namun dengan jumlah persaingan yang juga besar perlu berbenah dalam hal pelayanan, terutama perlindungan bagi siswanya, meskipun SDN lain tidak melakukannya, namun optimalisasi rasa peduli dan perhatian bagi siswa terkait bullying dapat menjadi nilai lebih untuk sekolah tersebut menjadi pilihan konsumen selanjutnya.
Downloads
References
Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif (P. Rapanna (ed.); 1st ed.). CV. Syakir Media Press.
Andini, B. (2017). Servuction Model Jasa Penginapan Hotel Garuda di Pontianak. Bisma, Vol 1, No. 5, September 2017, 1(5), 957–969.
Faerrosa, W. (2024). Content Analysis of Male & Female Green Preferences on Thrift Clothes. 6(1), 117–130.
KPAI. (2023). Data Kasus Perudungan Anak. https://bankdata.kpai.go.id/
Leon, S., & Lazar Kanuk, L. (2015). Perilaku Kosumen (S. Bambang (ed.)). PT Indeks.
lovelock, christopher, Wirtz, J., & Mussry, J. (2014). Pemasaran Jasa Manusia, Teknologi, Strategi (I. N. Sallama (ed.); 7 jilid 1). Penerbit Erlangga.
LPA. (2013). Lembaga Perlindungan Anak NTB. https://lpantb.com/
M Dayat. (2019). Strategi Pemasaran Dan Optimalisasi Bauran Pemasaran Dalam Merebut Calon Konsumen Jasa Pendidikan. Jurnal Mu’allim, 1(2), 299–218. https://doi.org/10.35891/muallim.v1i2.1629
Mahardika, P. M., Apriadi, A., & Hidayat, O. (2021). Strategi Komunikasi Interpersonal Guru Bimbingan Konseling dalam Membangun Karakter Siswa Pelaku Perundungan (Studi Kasus SMA/SMK Sederajat di Kecamatan Alas). KAGANGA KOMUNIKA: Journal of Communication Science, 3(1), 40–52. https://doi.org/10.36761/kagangakomunika.v3i1.1059
N.Y, E. & W. . R. (2022). Faktor Terpenting Yang Mempengaruhi Orang Tua Dalam Memilih Sekolah Swasta Di Masa Pandemi Covid-19. Journal of Law, Administration, and Social Science, 2(2), 189–197.
Nasution, M. N. (2015). Manajemen Mutu Terpadu (Total Quality Manajemen). Ghalia, Indonesia.
Nugroho, A. A., & Maisaroh, S. (2022). Dekontekstualisasi dan Rekontekstualisasi dalam Kumpulan Puisi Nisan Annemarie Karya Binhad Nurrohmat. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 8365–8373.
Paudpedia. (2024). Bullying usia dini. Directorat Pendidikan Usia Dini. https://paudpedia.kemdikbud.go.id/komunitas-pembelajar/orang-tua-berbagi/mengenal-jenis-bullying-pada-anak-usia-dini?ref=MjAyMTAyMTYwNDU0MzAtYjBhNjI0MDA=&ix=My1jMzJlNmI1OQ==
Puspaningrum, A. (2017). Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan (Cetakan 1). MNC.
Sari, Y. P., & Azwar, W. (2018). Fenomena Bullying Siswa: Studi Tentang Motif Perilaku Bullying Siswa di SMP Negeri 01 Painan, Sumatera Barat. Ijtimaiyya: Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam, 10(2), 333–367. https://doi.org/10.24042/ijpmi.v10i2.2366
Sekolah Kita. (2024). No Title. https://sekolah.data.kemdikbud.go.id/
Setyo V.B, & A.E., S. (2018). Transportasi Ojek Online Di Semarang Vino Bagus Setyo Adi Edy Suryawardana Fakultas Ekonomi Universitas Semarang ( USM ) Diterima : April 2018 . Disetujui : Juli 2018 . Dipublikasikan : Oktober 2018 pendahuluan Latar Belakang Masalah Di era modern ini mas. Solusi, 16(4), 59–78.
Singamurti, M. megha, & Anggraini, N. D. (2022). Pengaruh Bullying Terhadap Prestasi Mahasiswa. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 7(1), 31–37. https://doi.org/10.26740/jp.v7n1.p31-37
Tjiptono, F. (2019a). Pemasaran Jasa (A. Diana (ed.); terbaru). CV Andy Offset.
Tjiptono, F. (2019b). Strategi Pemasaran Prinsip dan Penerapan (Diana Anastasia (ed.)). CV Andy Offset.
Widiatmoko, T. F., & Dirgantoro, K. P. S. (2022). Pentingnya Peran Guru Sebagai Pembimbing Dalam Mengatasi Perilaku Perundungan Di Kelas [the Importance of the Teacher’S Role As a Guide in Overcoming Bullying in the Classroom]. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 6(2), 238. https://doi.org/10.19166/johme.v6i2.2072
Widiyasti, B. D. (2016). Pengaruh Ekuitas Merek Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Axa Mandiri Mapan Sejahtera Di Kota Mataram. Jmm Unram - Master of Management Journal, 5(3), 1–13. https://doi.org/10.29303/jmm.v5i3.70
Widiyasti, B. D. (2022). Pengaruh tarif premi dan produk terhadap minat beli di Kota Mataram. 14(3), 580–589.
Wijaya, C., S, A., & Hasanah, W. (2018). Pelanggan dan Kepuasan. Jurnal Dharmawangsa, 16–25.