ANALISIS EFISIENSI PENGGUNAAN FAKTOR-FAKTOR PRODUKSI PADA USAHA TANI BAWANG MERAH DI KECAMATAN PRINGGABAYA KABUPATEN LOMBOK TIMUR

USAHA TANI

https://doi.org/10.53952/jir.v8i2.286

Authors

  • SARLAN Universitas Gunung Rinjani

Keywords:

Faktor Produksi, Efisiensi dan Produksi Usahatani Bawang Merah.

Abstract

Bawang merah, merupakan salah satu tanaman yang banyak dikembangkan di Kecamatan Pringgabaya. Akan tetapi setiap tahunnya selalu terjadi penurunan jumlah produksi, dengan luas lahan yang cenderung meningkat, namun rata-rata produksi cenderung berfluktuatif. Penyebab dari fluktuasi rata-rata produksi bawang merah ini dimungkinkan disebabkan oleh penggunaan faktor-faktor produksi yang belum efisien.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat pengaruh faktor-faktor produksi terhadap jumlah produksi bawang merah, serta untuk menganalisis tingkat efisiensi penggunaan faktor produksi dalam usahatani bawang merah di Kecamatan Pringgabaya.

Berdasarkan pengolahan data diperoleh hasil bahwa tidak semua varibel yang secara signifikan mempengaruhi produksi bawang merah yaitu variabel luas lahan (X1), bibit (X2) dan pestisida (X4) tidak signifikan dalam mempengaruhi produksi bawang merah. Nilai rata-rata efisiensi petani bawang merah adalah 5,18. Nilai efisiensi tidak sama dengan satu, artinya belum efisien sehingga perlu penambahan penggunaan faktor produksi. Selain itu dengan adanya kondisi usahatani yang menunjukkan skala hasil yang meningkat maka dapat dikatakan bahwa kondisi usahatani bawang merah di daerah penelitian ini layak untuk dikembangkan atau dilanjutkan.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

07/30/2020 — Updated on 07/30/2020

Versions

How to Cite

SARLAN, M. S. (2020). ANALISIS EFISIENSI PENGGUNAAN FAKTOR-FAKTOR PRODUKSI PADA USAHA TANI BAWANG MERAH DI KECAMATAN PRINGGABAYA KABUPATEN LOMBOK TIMUR: USAHA TANI. Journal Ilmiah Rinjani : Media Informasi Ilmiah Universitas Gunung Rinjani, 8(2), 134–142. https://doi.org/10.53952/jir.v8i2.286