PENGGUNAAN MEDIA WAYANG KARTUN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR DRAMA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA PESERTA DIDIK KELAS XII IPA 3 SMAN 1 WANASABA TAHUN PELAJARAN 2017/2018

https://doi.org/10.53952/jir.v6i2.249

Authors

  • AHMAD HASLAN

Keywords:

Media Wayang Kartun, Aktivitas dan Prestasi Belajar

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, dimana siklus I dan siklus II masing-masing terdiri dari 2 pertemuan untuk proses pembelajaran dan sekali pertemuan untuk evaluasi. Setiap siklus dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi dan refleksi. Subjek penelitian in adalah peserta didik kelas XII IPS 2 SMAN 1 Wanasaba tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 32 orang. Data aktivitas belajar peserta didik diperoleh melalu lembar pengamatan, dan prestasi belajar peserta didik dikumpulkan melalui tes praktik setiap akhir siklus. Indikator aktivitas dan prestasi belajar peserta didik dikatakan telah meningkat apabila rata-rata skor aktivitas meningkat dan hasil evaluasi sudah mencapai 75 serta ada peningkatan setiap siklusnya. Hasil penelitian pada siklus I diperoleh skor aktivitas belajar rata-rata 14,18 dengan kategori cukup baik, dan hasil evaluasi rata-rata kelas 76, sedangkan pada siklus II skor aktivitas belajar 15,6 kategori baik, dan hasil evaluasi rata-rata kelas 84. Hasil ini menunjukkan bahwa penggunaan media wayang kartun dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar bahasa Indonesia pada materi drama peserta didik kelas XII IPA 3 SMAN 1 Wanasaba tahun pelajaran 2017 / 2018.
Kata Kunci : Media Wayang Kartun, Aktivitas dan Prestasi Belajar

This research Type is action research class conducted in 2 cycle, where the cycle I and cycle II each consist of two meetings to the learning process and once the meeting for evaluation. Each cycle from the planning phase, the implementation of the action, observation, evaluation and reflection. The subject of research in is learners class XII IPS 2 SMAN 1 Wanasaba lesson 2017/2018 year that add up to 32 people. Learners learning activities data obtained through observation sheets, learning achievement and learners practice tests gathered through each end of the cycle. Indicators of activity and learning achievements of students are said to have increased in average score increased activity and the evaluation results already reached 75 and there is an increase in each cycle. The results of the research on cycle I gained score learning activities averaged 14.18 with categories is quite good, and the results of the evaluation of the average class 76, while on cycle II score 15.6 category learning activities, and the results of the evaluation of 84 grade average. These results indicate that the use of the media puppet cartoons can enhance the activities and achievements of the Indonesia language learning material on the drama students of class XII IPA 3 SMAN 1 Wanasaba year 2017/2018 lessons.
Keywords: cartoons, Puppet Media activity and Learning Achievements

Downloads

Download data is not yet available.

Published

03/09/2020

How to Cite

AHMAD HASLAN. (2020). PENGGUNAAN MEDIA WAYANG KARTUN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR DRAMA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA PESERTA DIDIK KELAS XII IPA 3 SMAN 1 WANASABA TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Journal Ilmiah Rinjani : Media Informasi Ilmiah Universitas Gunung Rinjani, 6(2), 23–36. https://doi.org/10.53952/jir.v6i2.249