PENINGKATAN KINERJA GURU DALAM MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN YANG EFEKTIF MELALUI SUPERVISI OBSERVASI KELAS DI SMA NEGERI 1 WANASABA TAHUN PELAJARAN 2016/2017

https://doi.org/10.53952/jir.v6i2.248

Authors

  • RUS’AN HAYYI

Keywords:

Peningkatan Kinerja Guru, Proses Belajar Mengajar, Supervisi observasi kelas Kepala Sekolah.

Abstract

Tujuan dari penelitian tindakan sekolah ini adalah untuk mengetahui sejauh mana peningkatan kinerja guru dalam melaksanakan pembelajaran yang efektif di SMA Negeri 1 Wanasaba melalui supervisi observasi kelas. Dalam penelitian tindakan ini dilakukan dalam 3 siklus, dari hasil tindakan yang dilakukan terbukti dapat meningkatkan kinerja guru dengan mencapai standar ideal. Dari 58,77 % pada Siklus l,dapat meningkat menjadi 68,09 % pada siklus II, dan siklus ke III meningkat menjadi 77,27 %. Hasil penelitian tindakan sekolah ini menunjukkan bahwa penerapan supervisi observasi kelas kepala sekolah dapat meningkatkan kinerja guru dengan ketuntasan mencapai 100 % , tanggapan guru adalah sangat positif terhadap pembinaan yang dilakukan kepala sekolah melalui supervisi observasi kelas .
Kata Kunci : Peningkatan Kinerja Guru, Proses Belajar Mengajar, Supervisi observasi kelas Kepala Sekolah.

The goal of this school action research is to know the extent to which the performance improvement of teachers in carrying out an effective learning in SMA Negeri 1 Wanasaba through supervision of observation of the class. In this action research conducted in cycle 3, the results of actions undertaken proved can improve the performance of teachers by achieving the ideal standard. From 58.77% in Cycle l, can be increased to 68.09% in cycle II, and cycle to III increases to 77.27%. The research results showed that these schools action implementation supervision of observation of the class principal can improve the performance of the teachers completely learning reaches 100%, the teacher's response was very positive towards the construction of the head done schools through the supervision of observation of the class.
Keyword: Performance improvement of teachers, teaching and learning, the supervision of the principal class observation.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

03/09/2020

How to Cite

RUS’AN HAYYI. (2020). PENINGKATAN KINERJA GURU DALAM MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN YANG EFEKTIF MELALUI SUPERVISI OBSERVASI KELAS DI SMA NEGERI 1 WANASABA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Journal Ilmiah Rinjani : Media Informasi Ilmiah Universitas Gunung Rinjani, 6(2), 37–52. https://doi.org/10.53952/jir.v6i2.248