PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MELALUI METODE COPY THE MASTER (MC THE M) PADA SISWA KELAS XA SMA NEGERI 7 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2015-2016

https://doi.org/10.53952/jir.v6i2.241

Authors

  • BAIQ MARLIA SOFIANI

Keywords:

Peningkatan, keterampilan, menulis puisi, dan metode Copy the Master

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri atas dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Pengumpulan data menggunakan instrumen lembar observasi aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran menulis puisi, tes hasil belajar siswa dan angket siswa dalam pembelajarn menulis puisi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru dan siswa dalam setiap siklus mengalami peningkatan. Pada siklus pertama, pertemuan pertama dan pertemuan kedua aktivitas positif guru yang dominan muncul adalah menyampaikan materi pelajaran, membimbing siswa dalam menulis puisi secara individu, mengelola KBM sesuai dengan Mc the M, dan memotivasi siswa dalam mengerjakan tugas. Aktivitas negatif yang dominan muncul adalah guru lebih sering membimbing dan memancing siswa, siswa kurang tertib dalam merefleksikan pembelajaran. Pada siklus kedua, pertemuan pertama dan pertemuan kedua aktivitas positif yang dominan muncul adalah membimbing siswa dalam menulis secara individu, menyampaikan materi pelajaran, mangatur KBM sesuai dengan Mc the M, memotivasi siswa dalam mengerjakan tugas. Hasil belajar siswa secara keseluruhan juga mengalami peningkatan. Dari hasil belajar siswa pada siklus pertama pertemuan pertama rata-rata hasil belajar siswa adalah 68,11. Pada siklus kedua pertemuan kedua hasil belajar siswa meningkat menjadi 78,70.Hasil angket yang diberikan pada guru secara menyeluruh mulai dari siklus pertama dan siklus kedua mengalami peningkatan. Dalam proses pembelajaran penggunaan MC the M sangat berperan untuk meningkatkan hasil pembelajaran pada siswa untuk mencapai hasil yang maksimal.
Kata Kunci: Peningkatan, keterampilan, menulis puisi, dan metode Copy the Master

This research is a Classroom Action Research (PTK) consisting of two cycles. Each cycle consists of two meetings. Data collection using instrument observation sheet of activity of teacher and student in learning to write poetry, test result of student learning and student questionnaire in learners writing poetry. The results of this study indicate that the activity of teachers and students in each cycle has increased. In the first cycle, the first meeting and second meeting of the dominant teacher's positive activities appear to be delivering the subject matter, guiding the students in writing individual poems, managing the KBM in accordance with Mc the M, and motivating the students to do the work. The dominant negative activity that arises is the teacher is more often guiding and fishing students, students are less orderly in reflecting on learning. In the second cycle, the first meeting and the second meeting of the dominant positive activities emerged was to guide students in writing individually, delivering the subject matter, ministering KBM in accordance with Mc the M, motivating students in doing the task. Overall student learning outcomes also increased. From the learning outcomes of students in the first cycle of the first meeting the average of student learning outcomes was 68.11.In the second cycle of the second meeting the results of student learning increased to 78.70.Research results given to teachers as a whole from the first cycle and the second cycle experienced In the process of learning the use of MC the M is instrumental to improve learning outcomes in students to achieve maximum results.
Keywords: Improvement, skill, poetry writing, and Copy the Master method

Downloads

Download data is not yet available.

Published

03/09/2020

How to Cite

BAIQ MARLIA SOFIANI. (2020). PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MELALUI METODE COPY THE MASTER (MC THE M) PADA SISWA KELAS XA SMA NEGERI 7 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2015-2016. Journal Ilmiah Rinjani : Media Informasi Ilmiah Universitas Gunung Rinjani, 6(2), 177–188. https://doi.org/10.53952/jir.v6i2.241