MUTU PENDIDIKAN PESANTREN BERBASIS MASYARAKAT DI PONDOK PESANTREN DĀRUSY SYIFĀ TIRTANADI LOMBOK TIMUR

https://doi.org/10.12345/jir.v5i2.144

Authors

  • TAUFAN ISWANDI

Keywords:

Mutu Pendidikan Berbasis Masyarakat

Abstract

Peningkatan kualitas pendidikan adalah sebuah pilihan, sekaligus orientasi pengembangan peradaban bangsa sebagai investasi masa depan pembangunan bangsa berjangka panjang. Orientasi ini harus dilakukan arena pendidikan pesantren diyakini sebagai sarana utama pengembangan kualitas sumber daya manusia yang berintelektual tinggi dan budi pekerti yang mulia. Penelitian menggunakan metode penilitian deskriftif dan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan dengan melakukan tekhnik observasi, wawancara dan dokumentasi sebgai pelengkap data yang di butuhkan untuk mengungkap mutu pendidikan berbasis masyarakat di Pondok Pesantren Dārusy Syifā Tirtanadi Lombok Timur. Penerapan dan pengembangan mutu pendiidkan di Pondok Pesantren Dārusy Syifā Tirtanadi dalam proses peningkatan mutu di lembaganya terlebih dahulu melakukan analisis lingkungan internal dan eksternalnya, dengan menggunakan tekhnik analisis “SWOT” demi tercapainya visi, misi dan tujuan pendidikannya. Keterlibatan masyarakat sebagai pendukung memberikan kontribusi bagi pembinaan rohani di tengah masyarakat.
Kata kunci : Mutu Pendidikan Berbasis Masyarakat

Improving the quality of education schools is an option, as well as the orientation of the development of civilization as an investmen in the future of long-term nation-building. This orientation should be done because the boarding school education is believed to be the primary means of improving the quality of human resources and high intellectual noble manners. The study used descriptive research methods and qualitative research approaches. Data were collected by observation techniques, interview and documentation to complement the data needed to reveal the quality of community based schools of education in boarding school Dārusy Syifā Tirtanad East Lombok. Application and development of quality education in boarding school Dārusy Syifā Tirtanadi in the process of improving the quality of education at the institution prior to analyze internal and external environment, using analytical techniques “SWOT” to achieve the vision, mission and goals of education. Community involvement as asupport to contribute to the spiritual development in the community.
Key Word : Quality Of Community Based Schools Of Education In Boarding School

Downloads

Download data is not yet available.

Published

02/18/2020

How to Cite

TAUFAN ISWANDI. (2020). MUTU PENDIDIKAN PESANTREN BERBASIS MASYARAKAT DI PONDOK PESANTREN DĀRUSY SYIFĀ TIRTANADI LOMBOK TIMUR. Journal Ilmiah Rinjani : Media Informasi Ilmiah Universitas Gunung Rinjani, 5(2), 27–34. https://doi.org/10.12345/jir.v5i2.144