ANALISIS PENGUKURAN KINERJA PERUSAHAAN MENGGUNAKAN BALANCED SCORECARD PADA PD. AGRO SELAPARANG LOMBOK TIMUR TAHUN 2015

https://doi.org/10.12345/jir.v5i1.154

Authors

  • MUHAMAD KARYADI

Keywords:

Pengukuran Kinerja, Balanced Scorecard

Abstract

Balanced Scorecard adalah alat pengukur kinerja yang menggabungkan antara ukuran kinerja
keuangan dan non keuangan. Balanced scorecard mengukur kinerja dari empat perspektif, yaitu
perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal dan perspektif
pertumbuhan dan pembelajaran. Penelitian dilakukan dengan menggunakan data tahun 2015
pada PD. Agro Selaparang untuk menganalisis perspektif keuangan, sedangkan untuk
perspektif lainnya diukur menggunakan perhitungan dengan menyebarkan kuesioner. Populasi
penelitian ini adalah pelanggan dan karyawan PD. Agro Selaparang Lombok Timur, sedangkan
sample yang diambil masing-masing adalah 50 responden untuk pelanggan dan 28 responden
untuk karyawan. Kuesioner tersebut telah diuji validitas dan realibilitasnya. Indikator yang
digunakan dalam penelitian ini adalah Net Income / Sales, Gross Profit Margin , Earning Power
Of Total Investement, kepuasan pelanggan, inovasi dan kepuasan karyawan. Dari hasil analisis
yang dilakukan, dapat diketahui bahwa kinerja PD. Agro Selaparang secara keseluruhan sudah
cukup baik. Pada perspektif keuangan dengan indikator Net Income / Sales, Gross Profit Margin
dan Earning Power Of Total Investement sudah menunjukkan kinerja yang cukup baik. Untuk
perspektif pelanggan menunjukkan kinerja yang baik dengan adanya kepuasan pelanggan yang
cukup memuaskan. Untuk perspektif proses bisnis internal perusahaan sudah dapat melakukan
inovasi yang baik terutama dalam bidang manajemen. Dan perspektif pertumbuhan dan
pembelajaran menunjukkan tingkat kepuasan karyawan yang cukup memuaskan. Dari data
penelitian tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa Balanced Scorecard dapat memberikan
gambaran yang lebih terstruktur dan menyeluruh (komprehensif).
Kata kunci : Pengukuran Kinerja, Balanced Scorecard

Balanced Scorecard is a performance measurement tool that combines a measure of financial
performance and non-financial. Balanced scorecard measures performance from four
perspectives, namely financial perspective, customer perspective, internal business process and
learning and growth perspective. The study was conducted using data from 2015 to the PD.
Agro Selaparang to analyze the financial perspective, while for the other perspective is
measured using a calculation by distributing questionnaires. The study population was the
customers and employees of PD. Agro Selaparang Lombok Timur, whereas samples taken each
is 50 respondents to the customer and 28 respondents to the employee. The questionnaire has
been tested for validity and realibilitasnya. The indicators used in this study is Net Income /
Sales, Gross Profit Margin, Earning Power Of Total Investments, customer satisfaction,
innovation and employee satisfaction. From the analysis conducted, it can be seen that the
performance of PD. Agro Selaparang overall has been good enough. On the financial
perspective with indicators Net Income / Sales, Gross Profit Margin and Earning Power Of Total
Investments already showed a good performance. For perspective, customers show a good
performance in the presence of customer satisfaction is quite satisfactory. For perspective, the
company's internal business processes are able to perform a good innovation, especially in the
field of management. And learning and growth perspective shows the level of employee
satisfaction is quite satisfactory. From the research data it can be concluded that the Balanced
Scorecard can provide a more structured and comprehensive (comprehensive).
Keywords: Performance Measurement, Balanced Scorecard

Downloads

Download data is not yet available.

Published

02/18/2020

Most read articles by the same author(s)