MENINGKATKAN EFEKTIFITAS SUPERVISI AKADEMIK PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI TEMAN SEJAWAT TAHUN 2018 DI SMA NEGERI 1 TERARA

https://doi.org/10.53952/jir.v7i1.209

Authors

  • SAHLAN

Keywords:

supervisi akademik, supervisi teman sejaawat

Abstract

Penelitian ini merupakan best practice, yang bertujuan untuk: (1) mengetahui
bagaimana cara melaksanakan Supervisi Teman Sejawat, dan (2) mengetahui
Efektivitas Supervisi Pelaksanan pembelajaran oleh Teman Sejawat . Sterategi
yang digunakan adalah melalui kegiatan IN 1 – ON 1 – ON 2 dan selanjutnya IN 2.
Dapat disimpulkan sebagai berikut yaitu : (1) Cara melaksanakan supervisi
akademik agar berjalan optimal, (2) Kegiatan Supervisi Akademik Pelaksanaan
Pembelajaran Teman Sejawat ini berjalan efektif yaitu jika sebelumnya 7 sd 10
guru yang dapat disupervisi oleh kepala sekolah dan Pengawas, maka dengan
supervisi Teman Sejawat , jumlah guru yang disupervisi bertambah menjadi 36
orang guru, dan secara kualitatif terdapat hasil Amat Baik (A) = 2 orang, Baik (B)
= 26 orang dan cukup (C) = 8 orang. Dan demikian juga diperoleh gambaran
bahwa hanya 50 % guru melaksanakan beberapa aspek seperti pembelajaran yang
dilaksanakan menumbuhkan kreativitas sesuai dengan bakat, minat, dan
perkembangan fisik serta psikologis peserta didik dan melaksanakan tindak lanjut.
Kata kunci: supervisi akademik, supervisi teman sejaawat

This research is a best practice, which aims to: (1) know how to carry out Peer
Supervision, and (2) find out the Effectiveness of Supervision of Learning
Implementation by Peers. The strategy used is through the activities of IN 1 - ON 1 -
ON 2 and then IN 2. It can be concluded as follows, namely: (1) How to carry out
academic supervision in order to run optimally, (2) Academic Supervision Activities for
Peer Learning Learning is effective, namely if previously 7 to 10 teachers can be
supervised by the principal and Supervisor, then with peer peer supervision, the
number of supervised teachers increases to 36 teachers, and qualitatively there are
Very Good results (A) = 2 people, Good (B) = 26 people and enough (C) = 8 people.
And so it also shows that only 50% of teachers carry out several aspects such as
learning that is carried out to foster creativity in accordance with the talents, interests,
and physical and psychological development of students and carry out follow-up.
Keywords: academic supervision, peer supervision

Downloads

Download data is not yet available.

Published

03/05/2020

How to Cite

SAHLAN. (2020). MENINGKATKAN EFEKTIFITAS SUPERVISI AKADEMIK PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI TEMAN SEJAWAT TAHUN 2018 DI SMA NEGERI 1 TERARA. Journal Ilmiah Rinjani : Media Informasi Ilmiah Universitas Gunung Rinjani, 7(1), 148–158. https://doi.org/10.53952/jir.v7i1.209