MENINGKATKAN KOMPETENSI MEMBACA SISWA MELALUI PENGGUNAAN MATERI MEMBACA IMAJINATIF PADA SISWA SMA NEGERI 1 WANASABA TAHUN PELAJARAN 2017/2018

https://doi.org/10.53952/jir.v7i1.206

Authors

  • SULAIMI

Keywords:

Membaca Imajinatif, Kompetensi membaca

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa jauh efektifitas bahan bacaan imajinatif
dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa pada siswa kelas XI- IPA 1 SMA Negeri 1
Wanasaba tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan
kelas dengan menerapkan dua siklus selama tujuh pertemuan. Oleh karena itu, penelitian
dilakukan dalam upaya meningkatkan keterampilan membaca siswa melalui penggunaan
bahan bacaan imajinatif. Selanjutnya, skor kinerja membaca siswa dari dua siklus dihitung
dan kemudian skor diubah menjadi tabel pembobotan dari prosedur bahan bacaan
imajinatif. Dalam siklus I, skor adalah 15 untuk yang terendah dan total skor tertinggi adalah
20. Dan kemudian pada siklus II, skor terendah 18 dan 22 tertinggi. Dalam pre-test nilai
rata-rata 12,9 dengan persentase proses 3,33%, pada siklus I, nilai skor rata-rata siswa
adalah 17,6 dan persentase proses pembelajaran adalah 43,33%. Sedangkan dalam siklus
II, skor rata-rata 19,5 dan persentase proses 83,33%. Setelah membandingkan siklus
tersebut, menunjukkan bahwa pencapaian kemampuan membaca bahasa Inggris siswa
dapat dilihat dari kelengkapan klasikal kedua siklus meningkat 40%. Ini menunjukkan bahwa
prestasi membaca siswa meningkat 2.1. Di sisi lain, berdasarkan data yang disajikan dalam
setiap siklus, bahan bacaan imajinatif dapat meningkatkan strategi guru dalam proses
belajar mengajar. Hasil observasi juga meningkat dalam proses belajar mengajar.
Kata kunci: Membaca Imajinatif, Kompetensi membaca

This study aims to determine how far the effectiveness of imaginative reading material can
improve students' reading ability in class XI students of SMA Negeri 1 Wanasaba in the
academic year 2017/2018. This study uses classroom action research by applying two
cycles during seven meetings. Therefore, research is conducted in an effort to improve
students' reading skills through the use of imaginative reading materials. Furthermore,
students' reading performance scores from two cycles are calculated and then the score is
converted into a weighting table of the imaginative reading material procedure. In cycle I, the
score was 15 for the lowest and the highest total score was 20. And then in cycle II, the
lowest scores were 18 and 22 highest. In the pre-test the average value of 12.9 with a
percentage of the process is 3.33%, in cycle I, the average score of students is 17.6 and the
percentage of the learning process is 43.33%. Whereas in cycle II, the average score was
19.5 and the percentage of the process was 83.33%. After comparing the cycle, it shows
that the achievement of students' English reading ability can be seen from the classical
completeness of the two cycles increasing by 40%. This shows that student reading
performance increases 2.1. On the other hand, based on the data presented in each cycle,
imaginative reading material can improve the teacher's strategy in the teaching and learning
process. Observation results also increased in the teaching and learning process..
Keywords: Imaginative reading, Reading competence

Downloads

Download data is not yet available.

Published

03/05/2020

How to Cite

SULAIMI. (2020). MENINGKATKAN KOMPETENSI MEMBACA SISWA MELALUI PENGGUNAAN MATERI MEMBACA IMAJINATIF PADA SISWA SMA NEGERI 1 WANASABA TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Journal Ilmiah Rinjani : Media Informasi Ilmiah Universitas Gunung Rinjani, 7(1), 114–125. https://doi.org/10.53952/jir.v7i1.206