ANALISIS INVENSI STRATEGI RETORIKA HJ. WARTIAH

https://doi.org/10.12345/jir.v6i1.114

Authors

  • LALU NURUL YAQIN

Keywords:

Invensi, Startegi Retorika, Hj. Wartiah

Abstract

Kajian ini menginvestigasi kuasa bahasa dalam retorika dan wacana Hj. Wartiah ketika menyajikannya kepada khalayak dengan tujuan mempengaruhi tindakan (movement) atau perubahan sikap (attitude) dan pilihan (choice). Kajian ini akan memberikan gambaran secara terang benderang terkait strategi retorika dalam kuasa bahasa yang digunakan oleh Hj. Wartiah dalam berbagai pidato dan pernyataan beliau di media massa. Kerangka analisis dalam kajian ini adalah adaptasi teori retorika kelasik Aristotle. Kajian ini menggunakan metode kualitatif, dengan maksud bahwa semua aspek yang berhubungan dengan ciri-ciri kajian strategi retorika Hj.Wartiah akan dianalisis dan dijelaskan secara terperinci. Dalam kajian kualitatif peneliti bertindak sebagai "instrumen utama" dalam pengumpulan data, dengan menggunakan lingkungan alamiah sebagai sumber data (Lincoln & Guba, 1985; Merriam, 1988). Ini berarti bahwa pengkaji memiliki kuasa dalam menguraikan kajian ini untuk menemukan sumber daya dan menggunakan teori yang sesuai untuk menjawab pertanyaan kajian. Hasil kajian menunjukkan, bahawa Hj. Wartiah telah menggunakan teori invensi yang mengandung bukti logis, bukti emosional dan bukti etis dalam retorikanya.
Kata Kunci: Invensi, Startegi Retorika, Hj. Wartiah

This study investigates the language power of rhetoric and discourse of Hj. Wartiah when presenting it to the audience with the aim of influencing the action, attitude, and choice. This study will provide a clear picture of the rhetorical strategies of language power that were used by Hj. Wartiah in his speeches and statements in the mass media. The analytical framework in this study is the adaptation of Aristotle's classical rhetoric theory. This study uses a qualitative method, with the intention that all aspects relating to the study features of the rhetorical strategy of Hj.Wartiah was analyzed and explained in detail. In a qualitative study, the researcher acts as the "primary instrument" in data collection, using the natural environment as a source of data (Lincoln & Guba, 1985; Merriam, 1988). This means that the researcher has a power in outlining this study to find resources and use appropriate theory to answer the study questions. The study results show that Hj. Wartiah has used invention theory which contains logical proof, emotional proof and ethical proof in her rhetoric.
Keywords: Invention, Rhetoric Strategy, Hj. Wartiah

Downloads

Download data is not yet available.

Published

02/10/2020

How to Cite

LALU NURUL YAQIN. (2020). ANALISIS INVENSI STRATEGI RETORIKA HJ. WARTIAH. Journal Ilmiah Rinjani : Media Informasi Ilmiah Universitas Gunung Rinjani, 6(1), 124–140. https://doi.org/10.12345/jir.v6i1.114

Most read articles by the same author(s)