LAMINASI FIBERGLASS UNTUK MEMPERBAIKI KAPAL IKAN KAYU DI KECAMATAN LEKOK, KABUPATEN PASURUAN, JAWA TIMUR

https://doi.org/10.53952/jir.v4i1.226

Authors

  • Sunardi, Dr. Bambang S, Dr. Ali Muntaha

Keywords:

Fiberglass, kayu, bocor, laminasi, perbaikan

Abstract

Sebagian besar kerusakan yang terjadi pada kapal kayu adalah pelapukan dan kebocoran
pada lambungnya. Perkembangan tekhnologi laminasi fiberglass berkembang dengan
sangat pesat. Sifat fiberglass yang kuat, tahan terhadap cuaca dan mudah dibentuk
menjadikan material komposit ini bisa di terapkan sebagai bahan pelapis kapal kayu untuk
mengatasi persoalan pelapukan dan kemungkinan kebocoran kapal kayu. Beberapa
tahapan laminasi pada kapal kayu di kecamatan Lekok Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur
ini adalah sebagai berikut: Tahap awal adalah mengeringkan dan membersihkan lambung
kapal dari sisa cat dan kerak yang menempel di lambung. Selanjutnya adalah melapisi
kapal dengan 2 lapisan fiberglass dan diikuti dengan pendempulan pada seluruh lambung
kapal dan yang terakhir adalah pengecatan untuk penyelesaian akhir. Berdasarkan analisa
ekonomis, perbaikandengan laminasi fiberglass lebih mengntungkan daripada perbaikan
kapal kayu secara tradisional. Dengan metode laminasi ini juga perbaikan tinggal
membersihkan lambung dari lumut. Dari sisi performance kapal, laminais fiberglass akan
mengurangi gesekan pada lambung kapal dan akan meningkatkan kecepatan dan efisiensi
kapal. Karena tidak ada air yang meresap di lambung kapal, maka kapal juga akan makin
ringan dan pada akhirnya akan menurunkan konsumsi bahan bakar.
Kata Kunci : Fiberglass, kayu, bocor, laminasi, perbaikan

Most of the destructions in wooden vessel are weathering and leaking on the hull. The
development of fiberglass lamination technology grow fastly. The characteristics of
fiberglass which strength, irresistance to the weather and easy to form make this material
can be applied to laminate the wooden vessel to solve its problems. There are several
steps of fiberglass lamination for wooden vessel in Lekok District, Pasuruan East Java as
follows: the first step is drying and cleaning the wooden vessel from the paint and fouling.
The second step is laminating the hull with 2 layers of fiberglass and followed with
compound spackling and the last step painting. Based on economical analysis, fiberglass
lamination has more advantages compared to conventional repair method. By using
fiberglass lamination the nest maintenance activity is only cleaning the moss. From point of
performance view, fiberglass lamination will reduce the skin friction resistance and
increases the speed and the efficiency of the ship. This speed increase and efficiency are
caused by the hull which no more absorb water. Due to no water absorption, the weight of
the vessel will be maintained as its dry weight and finally will reduce fuel consumption.
Keywords: Fiberglass, wood, leak, lamination maintenance

Downloads

Download data is not yet available.

Published

03/07/2020

How to Cite

Sunardi, Dr. Bambang S, Dr. Ali Muntaha. (2020). LAMINASI FIBERGLASS UNTUK MEMPERBAIKI KAPAL IKAN KAYU DI KECAMATAN LEKOK, KABUPATEN PASURUAN, JAWA TIMUR. Journal Ilmiah Rinjani : Media Informasi Ilmiah Universitas Gunung Rinjani, 4(1), 68–72. https://doi.org/10.53952/jir.v4i1.226