UPAYA PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN PERANGKAT PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI AKADEMIK YANG BERKELANJUTAN DI SMAN 1 LABUHAN HAJI KAB. LOMBOK TIMUR

https://doi.org/10.53952/jir.v7i1.207

Authors

  • AHMAD SUPANDI

Keywords:

kompetensi guru, supervisi akademik berkelanjutan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan bahwa (1) supervisi akademik
berkelanjutan dapat meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun silabus dan
RPP, (2) mengetahui langkah-langkah yang tepat dalam melakukan supervisi
akademik, dan (3) mengukur peningkatan prosentase kompetensi guru dalam
menyusun silabus dan RPP. Lokasi penelitian adalah di SMA Negeri 1 Labuhan
Haji Kab. Lombok Timur. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian
tindakan Sekolah yang berlangsung selama 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri
dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Berdasarkan hasil
penelitian dapat disimpulkan bahwa supervisi akademik secara berkelanjutan
terbukti secara ilmiah dapat meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun
silabus dan RPP. Ini terbukti dengan meningkatnya jumlah silabus yang baik dari
31% menjadi 83%. Selain itu jumlah RPP yang berkualifikasi baik juga meningkat
dari 31% menjadi 89%.
Kata kunci: kompetensi guru, supervisi akademik berkelanjutan

This study aims to prove that (1) ongoing academic supervision can improve teacher
competency in preparing syllabus and lesson plans, (2) knowing the appropriate steps
in conducting academic supervision, and (3) measuring the increase in teacher
competency percentage in preparing syllabus and lesson plans . The research
location is in SMAN 1 Labuhan Haji, Lombok Timur. This research was conducted
with the school action research method which lasted for 2 cycles. Each cycle consists
of stages of planning, implementation, observation and reflection. Based on the
results of the study it can be concluded that ongoing academic supervision is
scientifically proven to improve teacher competence in preparing syllabus and lesson
plans. This is evidenced by the increase in the number of good syllabus from 31% to
83%. In addition, the number of well-qualified lesson plans also increased from 31% to
89%.
Keywords: teacher competence, ongoing academic supervision

Downloads

Download data is not yet available.

Published

03/05/2020

How to Cite

AHMAD SUPANDI. (2020). UPAYA PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN PERANGKAT PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI AKADEMIK YANG BERKELANJUTAN DI SMAN 1 LABUHAN HAJI KAB. LOMBOK TIMUR. Journal Ilmiah Rinjani : Media Informasi Ilmiah Universitas Gunung Rinjani, 7(1), 126–136. https://doi.org/10.53952/jir.v7i1.207