PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V SDI DUSUN TELIAH

https://doi.org/10.53952/jhr.v4i2.560

Authors

  • Neni Kuslita Nopianti SMPN 1 SELONG
  • Doni Dwi Agus Taufani SMKN 1 Pringgasela

Keywords:

Hasil Belajar, Aktivitas Guru, Pembelajaran Tipe STAD

Abstract

Riset ini bertujuan menganalisis kenaikan Hasil belajar IPA dan kegiatan/Aktivitas guru  untuk mengaplikasikan model pembelajaran kooperatif tipe STAD.  Lokasi risetdilakukan di SDI Dusun Teliah Labuhan Haji. Siswa kelas V berjumlah 30 sebagai subyek penelitan. Penelitian ini menggunakan deskriptif analisis dengan  metode observasi, tes dan dokumentasi melalui pengumpulan data. Risetini terbagi dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari satu kali pertemuan.Hasil temuan siklus I dan II memperlihatkan kenaikan ketuntasan belajar. Sebelum diterapkannya siklus I, ketuntasan hasil belajar hanya 43 %. setelah penerapan siklus mengalami kenaikan  75 % pada siklus I dan 85% pada siklus II. Selain hasil belajar, aktivitas guru juga mengalami kenaikan yaitu sebesar 75% berkategori baik pada siklus I dan mengalami kenaikan 85% berkategori sangat baik pada siklus II. Hasil temuan ini menyimpulkan model pembelajaran tipe STAD (Student Teams Achievement Division) terbuktimenaikkan kemampuan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dan kegiatan guru kelas V SDI Dusun Teliah Labuhan Haji. Saran dalam riset ini guru lebih baik menggunakan model pembelajaran tipe STAD dalam menaikkan kemampuan belajar siswa dibandingkan cara-cara konvensional

Published

2023-08-16