KOMPETENSI MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH PADA PENERAPAN MANAJEMEN MUTU TERINTEGRASI DI SMA ISLAM AS-SUNNAH LOMBOK TAHUN PELAJARAN 2022-2023

https://doi.org/10.53952/jhr.v4i2.525

Authors

  • Yuniarsih Sawaliyah Universitas Gunung Rinjani
  • Azhar Madrasah Aliyah As-Sunnah

Keywords:

Kompetensi Manajerial, Kepala Sekolah, dan Manajemen Mutu Terpadu

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan kompetensi manajerial kepala madrasah dalam konteks penerapan manajement mutu terpadu di SMA Islam Assunnah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melaui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Objek penelitian adalah kepala sekolah, guru-guru dan staff pegawai di SMA Islam Assunnah. Berdasarkan analisis penelitian maka diperoleh data sebagai berikut; Kepemimpinan kepala sekolah sebagai manajer pendidikan sudah begitu bekerja keras dalam menerapkan kompetensi manajerial yang dimilikinya, Kepala sekolah senantiasa melakukan pendekatan dan menciptakan suasana yang harmonis diantara para guru, serta Kepala Sekolah dapat mengelola budaya dan iklim sekolah dengan baik. Adapun faktor penghambat dalam usaha internalisasi nilai-nilai manajemen mutu terpadu (MMT) di SMA Islam Assunnah adalah: Terbatasnya dana operasional SMA Islam As sunnah, masih ada guru yang anti terhadap perubahan, kurangnya komunikasi antar warga sekolah tidak semua input SMA Islam As sunnah baik.

Published

2023-08-16