PENERAPAN METODE EXAMPLES DAN NON EXAMPLES DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR SEJARAH KELAS XI IPS 3 SMA NEGERI 1 MASBAGIK TAHUN PELAJARAN 2020-2021

https://doi.org/10.53952/jhr.v4i2.517

Authors

Keywords:

Metode Examples dan Non Examples, Hasil Belajar Siswa, Pembelajaran Sejarah

Abstract

Pelajaran penjaskes di SMA merupakan bagian dari kurikulum tahun 2013 ( K-13 ). Namun dalam pelaksanaannya para siswa masih kesulitan dalam meningkat prestasinya lebih lagi Sejarah merupakan mata pelajaran yang lebih banyak fakta dan data oleh karena diperlukan suatu model pembelajaran yang dapat meningkatkan prestasi siswa. Tujuan dari penelitian tindakan ini adalah untuk mengetahui sejauh mana penerapan metode examples dan non examples dalam peningkatan hasil belajar Sejarah  kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Masbagik  tahun pelajaran 2020-2021. Dalam penelitian tindakan ini dilakukan dalam 3 siklus dan dari hasil tindakan yang dilakukan terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa, hal ini dapat terlihat pada peningkatan hasil tes siswa selama tiga siklus dan tes akhir,  yaitu siklus I  70.3 %, siklus II  77.33  %, siklus III  84. 5 % . Hasil penelitian tindakan ini menunjukkan bahwa  penerapan metode examples dan non examples efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 Masbagik.

Published

2023-08-16