PENINGKATAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA MELALUI KEGIATAN LESSON STUDY FOR LEARNING COMMUNITY DI SMAN 3 SELONG

Authors

  • Ari Saputra universitas gunung rinjani
  • Riris Sugianto Universitas Teknologi Mataram

Keywords:

Lesson Study, Kemitraan Dosen dan Guru, Open Class

Abstract

Pada abad 21 ini siswa tidak hanya dituntut untuk menguasai konsep, namun juga memiliki keterampilan-keterampilan yang sangat berperan penting dalam kehidupan mereka. Seperti; keterampilan metakognitif, berpikir kritis dan pemecahan masalah, berpikir kreatif, berkomunikasi dan berkolaborasi. Melalui kegiatan Kemitraan Dosen dan Guru LPTK yang merupakan program yang digagas oleh Sumberdaya Dikti Kementerian Pendoidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia dimana didalamnya terjadi kolaborasi pembelajaran antara dosen dan guru untuk meningkatkan proses pembelajaran yang lebih baik terkait dengan bagaimana Teknik pengajaran, dan segala aspek didalam kelas. Dalam kegiatan ini juga bertujuan untuk menjembatani output dari perguruan tinggi yang menghasilkan calon guru agar dapat memahami bagaimana secara real kondisi sekolah sehingga dalam proses pengajaran yang dilakukan oleh dosen di perkuliahan agar segala lesson learned yang didapat di sekolah dapat diterapkan di kampus. Sehingga terjadi link and match antara sekolah dan perguruan tinggi. Melaui kegiatan ini ada beberapa hal yang di rekonstruksi misalnnya yang semula penggunaan teknik ceramah yang monoton yang dilakukan dalam pengajaran menjadi lebih minimal setelah kegiatan ini karena banyak ide dan teknik yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam pengajaran. Sehingga partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran dapat di raih melalui kegiatan ini yang berimplikasi positif pada atmosfer pembelajaran kedepan.

Published

2023-05-12