PINGWASTAN SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PROFESIONALISME DAN DISIPLIN KEHADIRAN GURU MENGIKUTI KEGIATAN KKG DI GUGUS I KECAMATAN SUMBAWA TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Authors

Keywords:

Profesionalisme, disipilin_kehadiran, pendampingan, KKG

Abstract

Peningkatan kapasitas guru Sekolah Dasar dilaksanakan melalui Kelompok Kerja Guru (KKG) di Gugus, begitu juga di Gugus I Kecamatan Sumbawa, namun sebelum tahun 2018 beberapa permasalahan ditemukan antara lain (1) terdapat guru mengajar tanpa persiapan administrasi yang lengkap, (2) guru kurang memanfaatkan alat bantu dalm pembelajaran, (3) guru masih menggunakan soal-soal yang disiapkan oleh pihak ketiga dalam penilaian, (4) terdapat kesenjangan administrasi guru antara sekolah yang satu dengan sekolah lainnya, (5)  kedisiplinan guru khususnya dalam kehadiran mengikuti KKG masih kurang dari 70%. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendekatan Pingwastan dapat meningkatkan profesionalisme dan disiplin kehadiran guru dalam mengikuti kegiatan KKG pada Tahun Pelajaran 2017/2018. Metode penelitian yang digunakan adalah observasi, dokumentasi dan wawancara.Teknik Analisis data; (1) Kuantitatif; menghitung besarnya persentase peningkatan profesionalisme dan disiplin kehadiran guru, (2) Kualitatif; memberikan gambaran hasil penelitian melalui penyajian data, reduksi data, analisis data, dan penarikan simpulan. Prosedur Penelitian tindakan ini dibagi dalam tiga siklus yaitu Siklus I, II, dan III,  dengan lama penelitian tiga bulan mulai tanggal 8 Januari 2018 s.d  31 Maret 2018. Hasil penelitian mendapati bahwa penerapan Pingwastan (Pendampingan Pengawas Berkelanjutan) dapat meningkatkan secara signifikan profesionalisme dan disipilin kehadiran guru dalam mengikuti kegiatan KKG di Gugus I Kecamatan Sumbawa Tahun Pelajaran 2017/2018.

Published

2023-05-12