Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Generatif Ditinjau Dari Hasil Belajar dan Respon Siswa pada Materi Program Linier di Kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Aikmel Tahun Pelajaran 2021-2022.

Authors

Keywords:

efektivitas, pembelajaran_generatif, hasil_belajar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) efektivitas penggunaan model pembelajaran generatif ditinjau dari hasil belajar siswa pada materi program linier. 2) efektivitas penggunaan model pembelajaran generatif ditinjau dari respon siswa pada materi program linier. Jenis penelitian ini yaitu penelitian lapangan sedangkan pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Aikmel Tahun Pelajaran 2021-2022 disemester ganjil sebanyak 103 siswa dimana 35 orang kelas XI IPA 1, 33 orang kelas XI IPA 2 35 orang kelas XI IPA 3. Sedangkan untuk teknik sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah simple random sampling. Adapun hasil penelitian ini bahwa Pelaksanaan pembelajaran menggunakan strategi pembelajaran generatif ini dapat dikatakan efektif digunakan dalam pembelajaran matematika pada materi program linier di SMAN 1 Aikmel kelas XI IPA, terlihat dari skor rata-rata seluruh siswa yaitu sebesar 78,72 dan dapat dikatakan baik sesuai dengan Pedoman Penilaian Hasil belajar Dinas Pendidikan Kalimantan. Skor respon siswa yang diperoleh pada penelitian ini sebesar 3,07 maka dengan ini dapat dikatakan respon siswa sangat positif terhadap penggunaan model pembelajaran generatif pada pembelajaran matematika materi program linier di SMAN 1 Aikmel kelas XI IPA.

Published

2023-05-12