Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Media Blog Dalam Mata Pelajaran Geografi Di Kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Aikmel Tahun Pelajaran 2020-2021

Authors

Keywords:

Meningkatkan, hasil_belajar; media_blog

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui penggunaan media blog pada mata pelajaran geografi SMA Negeri 1 Aikmel. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (Clasroom Action Reaseach). Pelaksanaan dan penggunaan media blog dalam pelajaran geografi. Siswa terlibat langsung dalam proses belajar mengajar. dengan demikian diharapkan hasil belajar siswa pada pelajaran Geografi meningkat. Pihak yang terkait dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Aikmel. 34 Orang Siswa, yang merupakan objek dari penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa pembelajaran Geografi dengan media blog ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa, hal ini dapat terlihat pada nilai Pre Test dan Post Test pada siklus I dengan jumlah Pre Test sebesar 1620, dan rata-rata 48 meningkat pada Sedangkan Post Test dengan jumlah sebesar 2270, dan rata-rata sebesar 67. Dan memperoleh nilai N-Gain sebesar 0,33 dengan kategori sedang. Sedangkan pada Pre Test dan Post Test pada siklus II dengan jumlah Pre Test sebesar 2010 dengan rata-rata 59 meningkat pada jumlah Post Test sebesar 2780 dengan rata-rata 81. Dan memperoleh nilai N-Gain sebesar 0,52 dengan kategori sedang. Dari Siklus I dan Siklus II mengalami peningkatan dibandingkan sebelum diterapkannya media pembelajaran media blog, karena pembelajaran Geografi dengan menggunakan media Blog menciptakan situasi belajar yang terbuka, meningkatkan keantusiasan, meningkatkan ketertarikan siswa dalam belajar, variasi sumber belajar, meningkatkan efektivitas belajar siswa pemahaman materi dan disamping itu juga media pembelajaran media blog mampu memberikan suatu perubahan yang lebih baik dari diri siswa.

Published

2023-05-12