PENGARUH KETEPATAN PEMILIHAN MEDIA PEMASARAN ONLINE TERHADAP PENJUALAN PRODUK
Keywords:
Ketepatan Pemilihan media, Penjualan ProdukAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Pengaruh Ketepatan Pemilihan Media Pemasaran Online Terhadap Penjualan Produk pada pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) Sembalun. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan .Subjek penelitian ini adalah pelaku UMKM Sembalun sebanyak 23 orang. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif yaitu suatu metode penelitian dimana dari penelitian teersebut akan menghasilkan data deskriptif berupa ucapan dan tulisan serta perilaku yang diamati. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh ketepatan pemilihan media pemasaran online terhadap penjualan produk pelaku UMKM sembalun. Hal ini ditandai dengan peningkatan rata-rata pendapatan UMKM Sembalun yakni sebesar 30,05 % setelah menerima tindakan. Peningkatan pemahaman mengenai ketepatan pemilihan media juga ditunjukkan dengan berbagai perubahan tingkah laku dan kemampuan yang dimiliki UMKM Sembalun dari berbagai aspek diantaranya adalah penggunaan penyusunan rencana pemasaran online mingguan, kemampuan membuat postingan harian yang terjadwal selama satu minggu yang mampu menarik konsumen untuk membeli, pemilihan media online yang tepat, pembuatan dan penggunaan media online usaha dalam pemasaran produk yang sesuai dengan target pasar, penyertaan link yang langsung terhubung dengan whatsApp untuk memudahkan konsumen dalam pemesanan.