PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PPKN MATERI PENGARUH KEMAJUAN IPTEK TERHADAP NKRI SISWA KELAS XII OTKP-1 SMK NEGERI 2 SELONG SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2021/2022

https://doi.org/10.53952/jhr.v3i2.453

Authors

Keywords:

Metode kooperatip tipe STAD, motivasi

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar PPKN siswa kelas XII OTKP-2 SMKN 2 Selong dan mendeskripsikan peningkatan motivasi belajar PPKN siswa kelas XII OTKP-2 Selong melalui pembelajaran model kooperatif tipe STAD. Pemecahan pembelajaran yang masih berpusat pada guru dan masih rendahnya motvasi siswa dalam belajar matematika adalah dengan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus terhadap 22 orang siswa. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan angket motivasi. Analisis data dilakukan dengan teknik persentasi. Keterlaksanaan pembelajaran kooperaif tipe STAD dinyatakan dengan kategori sangat baik, baik, cukup baik, kurang baik, dan tidak baik, sedangkan motivasi belajar matematika dinyatakan dengan kategori sangat tinggi, tinggi, sedang, rendah dan sangat rendah. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan hal-hal sebagai berikut: 1) keterlaksanaan pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siklus I pada kategori cukup baik dan pada siklus II pada kateori baik. 2) Motivasi belajar PPKN siswa kelas XII OTKP-2 SMKN 2 Selong pada siklus I rendah, siklus dua sedang, yaitu pada siklus I rata-rata-rata motivasi belajar adalah 76,44% sedangkan pada siklus II naik menjadi 83,89%.

Published

2022-12-05