PEMAHAMAN CONTENT DIGITAL BAGI UMKM DALAM PENJUALAN PRODUK KHAS DAERAH DI KABUPATEN LOMBOK TIMUR
Keywords:
Pembuatan, Content Digital, Penjualan, Produk Khas DaerahAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemahaman content digital dalam meningkatkan penjualan pada pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah). Subjek dalam penelitian ini adalah masyarakat pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) yang ada di desa sembalun dengan jumlah pelaku yang real 23 orang. Penelitian ini berupa penelitian tindakan mengunakan metode kualitataf dengan tehnik pengambilan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa pemahaman tentang pembuatan content digital dalam penjualan produk local dapat meningkatkan penjualan pelaku UMKM setelah diberikan tindakan. Hal ini terlihat dari peningkatan pemahaman terkait pembuatan content digital yang menarik melalui proses editing video maupun gambar dengan menggunakan aplikasi Capcut, Canva dan KineMaster, dan dilihat juga dari meningkatnya penjualaran yang ditandai dengan meningkatnya rata-rata penjualan pelaku usaha sebesar 30,05 %.