MEMAHAMI COPY WRITING DALAM PENINGKATAN PENJUALAN PRODUK LOKAL KHAS DAERAH KABUPATEN LOMBOK TIMUR

Authors

  • evi_juniarti_maulida universitas gunung rinjani
  • sulaiman DOSEN UNIVERSITAS GUNUNG RINJANI
  • Murah DOSEN UNIVERSITAS GUNUNG RINJANI
  • Sulkiah DOSEN UNIVERSITAS GUNUNG RINJANI

Keywords:

Copy writing, Penjualan, Produk Lokal, UMKM

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemahaman copy writing dalam peningkatan penjualan produk lokal khas daerah pada pelaku UMKM Sembalun. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan dengan subyek penelitian UMKM Sembalun dengan sampel 23 orang informan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sementara teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kualitatif, yaitu berupa ucapan dan tulisan serta perilaku orang-orang yang diamati. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman copy writing dalam peningkatan penjualan produk lokal khas daerah kabupaten Lombok Timur dapat meningkatkan penjualan UMKM Sembalun. sebesar 30,05 % setelah menerima tindakan. Peningkatan pemahaman mengenai copy writing juga ditunjukkan dengan berbagai perubahan tingkah laku dan kemampuan yang dimiliki UMKM Sembalun dari berbagai aspek diantaranya adalah penggunaan formula AIDA dalam menulis caption, kemampuan dalam menulis caption yang mampu menarik konsumen untuk membeli, penggunaan bahasa yang sesuai dengan target pasar, penyertaan link yang langsung terhubung dengan whatsApp untuk memudahkan konsumen dalam pemesanan.

Published

2022-11-07