PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SEMESTER GENAP MELALUI MODEL PEMBELAJARAN STAD (Student Team Achievement Division) MATERI KOPERASI INDONESIA Di SMA NEGERI 1 AIKMEL TAHUN PELAJARAN 2021-2022

https://doi.org/10.53952/jhr.v3i2.444

Authors

Keywords:

Peningkatan Hasil Belajar, Model Pembelajaran STAD

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa dengan metode pembelajaran kooperatif model STAD pada siswa kelas X pada mata pelajaran ekonomi materi pokok Koperasi Indonesia. Metode pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa sudah dapat memenuhi standart keberhasilan yaitu > 85% ketuntasan klasikal, Perolehan nilai pada siklus I mengalami sedikit peningkatan. Jadi sebagian besar siswa kelas X IPS 2 sudah memahami materi Koperasi Indonesia. Hasil analisis data observasi siswa menunjukkan dengan menerapkan pembelajaran model STAD prosentase ketercapain tingkah laku yang positif terhadap pembelajaran ekonomi terus meningkat sampai 97%. Keaktifan siswa ditunjukkan dalam mengikuti pembelajaran ekonomi, aktif menjalankan peran dan berlomba-lomba mewujudkan kesuksesan Bersama kelompoknya.

Published

2022-11-07