PENDIDIKAN KADER BERBASIS PESANTREN (studiKasus Di Ma’had Aly AsSunnah Lombok)

https://doi.org/10.53952/jhr.v3i2.429

Authors

  • Yuniarsih Sawaliyah DOSEN UNIVERSITAS GUNUNG RINJANI

Abstract

Penelitianinimemilikitujuanantara lain; pertama,mengkaji, menganalisis, sertamendeskripsikan model pendidikankaderberbasispesantren di Ma’had Aly As Sunnah Lombok; kedua,mengungkapkehidupanbudayaPodokPesantren As Sunnah Lombok.  Jenispenelitianiniadalahpenelitiankualitatifdenganpendekatanstudikasus. Lokasi penelitian pada Ma’had Aly As Sunnah Lombok. Metodepengambilan data melaluipengamatan, wawancaramendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitiandapatdiasjikanbahwa; Pertama,Pendidikan kader di Ma’had Aly As Sunnah Lombokmempersiapkankaderkemanusiaan, keumatandi masa mendatang yang kuatsecaraketauhidan, kepribadian, dan keilmuan. Model pendidikankaderberbasispesantrenmeliputi:(a) Input: menggunakanraport;psikotes;representasi/keterwakilandaerahpengajianataudaerahbinaanyayasanassunah. (b) Process:memadukansistemsekolah modern dan asrama pesantrenmelaluiuswah (keteladanan). (c) Output: 95% lulusanmelanjutkandakwah sunnah di pondok assunah Lombok, (d) Outcome: alumninyaberhasildenganberbagaiprofesi dan mengembangkandakwah sunnah di daerahbinaanpondokassunnah. Kedua;KehidupanPesantrenAs Sunnah Lombokmembangunbudayakemandirian, budayataqwa, budayaketauhidan, akhlaqulkarimah, budayaamarmakrufnahimungkar,berorientasikepadakeahlian dan keikhlasan.

Published

2022-11-07