PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI KELAS X IPA 5 SMA NEGERI 1 AIKMEL TAHUN PELAJARAN 2021/2022

https://doi.org/10.53952/jhr.v3i1.407

Authors

  • MUHARDI SMA Negeri 1 Aikmel

Keywords:

Group Investigation (GI), Prestasi Belajar.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar kelas X IPA 5 SMA Negeri 1 Aikmel pada pokok bahasan Konsumsi dan Investasi dengan model pembelajaran Group Investigation (GI). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Aikmel. Subjek penelitian adalah siswa kelas X IPA 5 Tahun Ajaran 2021/2022 yang berjumlah 28 siswa. Penelitian ini dilakukan pada bulan Maret sampai dengan bulan April tahun 2017. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tiga metode, yaitu metode tes, metode observasi dan metode dokumentasi. Setelah data diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik deskriptif presentase. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, prestasi belajar siswa meningkat dari 21,42% menjadi 71,43% pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 85,19% pada siklus II. Peningkatan ini berpengaruh terhadap peningkatan prestasi belajar. Hal ini ditunjukan dengan meningkatnya rata-rata nilai siswa. Rata-rata nilai siswa meningkat 67,71 dengan presentase ketuntasan belajar siswa sebesar 21,42% pada pra siklus menjadi 77,43 dengan ketuntasan menjadi 71,43% pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 85,44 dengan ketuntasan 85,19% pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran Group Investigation (GI) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi.

Published

2022-05-09