UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY PADA PELAJARAN EKONOMI KELAS X SMA SULLAMUL MUBTADI ANJANI

https://doi.org/10.53952/jhr.v3i1.406

Authors

  • Wardatul Uyun Prodi Pendidikan Akuntansi- FKIP-UGR
  • Riski Ayu Arnila Prodi Pendidikan Akuntansi- FKIP-UGR
  • Sulaiman Prodi Pendidikan Akuntansi- FKIP-UGR

Keywords:

Two Stay Two Stray, Hasil belajar.

Abstract

Model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) merupakan model pembelajaran kelompok yang memberikan kesempatan kepada peserta didik dalam membagikan hasil dan mencari informasi kepada kelompok lainnya. Hasil belajar merupakan kemampuan yang dimiliki peserta didik setelah menerima pembelajaran yang dapat memberikan perubahan baik pengetahuan, pemahaman, sikap dan keterampilan peserta didik sehingga menjadi lebih baik dari sebelumnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) dapat meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IPS di SMA Sullamul Mubtadi Anjani sebanyak 35 orang siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran koopratif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran Ekonomi kelas X IPS SMA Sullamul Mubtadi Anjani.

Published

2022-04-25