EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN VAK (Visualization, Auditory, Kinestetic) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 AIKMEL TAHUN PEMBELAJARAN 2019-2020

https://doi.org/10.53952/jhr.v3i1.405

Authors

Keywords:

efektivitas, pembelajaran VAK, Kemampuan, Pemecahan Masalah

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah siswa kelas XI IPA  SMA Negeri 1 Aikmel yang tidak diajar dengan model pembelajaranVAK (visualization, Auditory, Kinestetic). 2)Untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah siswa kelas XI IPA  SMA Negeri 1 Aikmel yang diajar dengan model pembelajaranVAK (visualization, Auditory, Kinestetic). 3) Untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran VAK (Visualization, Auditory, Kinestetic) terhadap kemampuan pemecahan masalah matemaika siswa kelas XI IPA  SMA Negeri 1 Aikmel. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian eksperimen. Hasil penelitian diketahui bahwa terjadi peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas XI IPA  SMA Negeri 1 Aikmel setelah diterapkan model pembelajaran Visualization, Auditory, Kinestetic. Hal ini dapat dilihat pada rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika matematika pada kelas kontrol = 60,13 dan kelas eksperimen = 72,37. Nilai rata-rata (Mean) yang diperoleh pada kelas kontrol yaitu 60,13 dengan persentase kemampuan pemecahan masalah matematika siswa adalah 21,1 % masuk katagori tinggi dan nilai rata-rata (Mean) yang diperoleh pada kelas eksperimen yaitu 72,37, dengan persentase kemampuan pemecahan masalah matematika siswa adalah 28,9,% masuk katagori sangat tinggi. Sehingga dapat terlihat jelas bahwa terjadi peningkatan rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada kelas yang diterapkan model pembelajaran Visualization, Auditory, Kinestetic (VAK)..

Published

2022-04-25