PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN MEDIA GAMBAR SERI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS NASKAH DRAMA PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA SISWA KELAS XII IPA 1 SMAN 1 AIKMEL TAHUN PELAJARAN 2021/2022

https://doi.org/10.53952/jhr.v3i1.404

Authors

Keywords:

Pembelajaran Kooperatif, Media Gambar Seri, Keterampilan Menulis, Naskah Drama.

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Dengan Penggunaan Media Gambar Seri Dapat Meningkatkan Keterampilan Menulis Naskah Drama Pada Mata Pelajaran Seni Budaya Siswa Kelas XII IPA 1 SMAN 1 Aikmel Tahun Pelajaran 2021/2022. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (classroom action research). Dalam penelitian tindakan kelas, peneliti melakukan suatu tindakan, eksperimen, yang secara khusus diamati terus menerus, dilihat plus-minusnya, kemudian diadakan pengubahan terkontrol sampai pada upaya maksimal dalam bentuk tindakan yang paling tepat. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan pada Standar Kompetensi mengekspresikan diri melalui karya seni teater, Kompetensi Dasar menulis naskah drama. Proses penelitian direncanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari beberapa pertemuan dengan alokasi waktu belajar tiap pertemuan adalah dua jam pelajaran (2 x 45 menit). Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dalam kemampuan mengarang siswa. Adapun peningkatan hasil pembelajaran dapat dilihat dari perolehan nilai siswa dalam menulis paragraf narasi yang meningkat dari siklus I dan siklus II. Pada siklus I persentase ketuntasan hasil belajar siswa dalam keterampilan menulis sebesar 75% atau 24 siswa dan pada siklus II sebesar 87,5% atau 28 siswa.

Published

2022-04-25