PENERAPAN EXPLICIT INTRUCTION(PENGAJARAN LANGSUNG) UNTUK MENINGKATKAN KETERLIBATAN SISWA PADA PELAJARAN EKONOMI KELAS XII SMA NEGERI 1 AIKMEL

https://doi.org/10.53952/jhr.v3i1.401

Authors

Keywords:

explicit instruction, keterlibatan siswa, pelajaran ekonomi

Abstract

Adapun tujuan penelitian ini adalah: a) untuk meningkatkan keterlibatan siswa dalam pelajaran ekonomi. b) Untuk meningkatkan kompetensi guru dalam memanfaatkan media dan sumber belajar. c) Untuk meningkatkan feed back atau umpan balik antara guru dan siswa dalam pembelajaran. Prosedur penelitian meliputi kegiatan sebelum pelasanaan PTK berupa refleksi awal (refleksi tahun pelajaran sebelumnya) dan investigasi/observasi untuk mengidentifikasi permasalahan yang terjadi di kelas, dilanjutkan dengan pelaksanaan PTK selama dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan 1)Pembelajaran akuntansi pada siswa kelas XII SMA Negeri 1 Aikmel,  perlu adanya upaya untuk melibatkan langsung siswa pada kegiatan  yang sesungguhnya. 2)Pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan CD pembelajaran  telah mengakibatkan siswa lebih termotivasi  untuk terlibat Langsung dalam pembelajaran. 3)Pembelajaran pemecahan masalah dengan menggunakan CD pembelajaran  pada materi Jurnal Khusus merupakan pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa kelas XII IPS di SMA Negeri 1 Aikmel Lombok Timur. 4)Pembelajaran pemecahan masalah dengan menggunakan media CD tentang  Jurnal Khusus  telah membentuk siswa untuk lebih aktif, kreatif, inovatif, mandiri dan bekerjasama, serta lebih termotivasi untuk belajar.

Published

2022-04-25