PENINGKATAN CAPAIAN MUTU SEKOLAH DENGAN MENINGKATKAN KINERJA GURU MELALUI PELATIHAN BERKELANJUTAN DI SMA NEGERI 1 KERUAK SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2019-2020

https://doi.org/10.53952/jhr.v2i1.373

Authors

  • Ahmad Junaidi SMA NEGRI 1 KERUAK

Keywords:

Kinerja Guru, Pelatihan Berkelanjutan

Abstract

Tujuan dari pelaksanaan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Langkah-langkah pelaksanaan Pelatihan Berkelanjutan oleh kepala sekolah kepada guru untuk meningkatkan kinerja guru di SMA Negeri 1 Keruak, dan (2) Besarnya peningkatan kinerja guru setelah pelaksanaan Pelatihan Berkelanjutan dikembangkan oleh kepala sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan sekolah (PTS) yang dianalisis dengan pendekatan kualitatif. Penelitian Tindakaan Sekolah ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Keruak pada semester genap tahun pelajaran 2019/2020 selama 4 bulan (bulan Januari s.d. April 2020).

Hasil yang diperoleh pada penelitian ini adalah: Pelaksanaan Pelatihan Berkelanjutan dalam rangka meningkatkan kinerja guru yang dilakukan dengan: (1) Solusi atas permasalahan guru dalam menyelenggarakan proses pembelajaran maupun dalam menyelesaikan administrasi pembelajaran. Permasalahan yang dialami guru dianggap sebagai faktor yang menghambat meningkatkan mutu pendidikan serta kinerja yang tinggi sehingga harus diselesaikan terlebih dahulu; (2) Pemberian motivasi secara langsung, yang dilakukan dengan (a) Menunjukkan fakta-fakta positif yang telah dicapai guru; (b) Memberikan tantangan untuk standar keunggulan yang tinggi; (c) Memberikan harapan-harapan untuk promosi kenaikan pangkat guru; (d) Menunjukkan skor pencapaian kerja guru; (e) Menyampaikan sanksi yang mungkin diterapkan bagi guru; (f) Menghadirkan pengawas sekolah dan kepala dinas pendidikan setempat; (g) Menciptakan suasana akrab; (h) Membuat bersama instrument observasi dan daftar sanksi; (i) Menunjukkan hasil observasi dan diskusi terbuka; (j) Memberikan penghargaan secara langsung atas prestasi guru; (3) Pelaksanaan Pelatihan Berkelanjutan terbukti mampu meningkatkan kinerja guru.

Published

2021-10-14 — Updated on 2023-02-20

Versions