PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VIDEO TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA INGGRIS SISWA KELAS X ANIMASI SMK NEGERI 1 SIKUR

https://doi.org/10.53952/jhr.v2i1.356

Authors

  • Akhmad Wahyudi Guru Bahasa Inggris SMK Negeri 1 Sikur

Keywords:

Media Audio Video, Motivasi, Belajar

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatkan motivasi  belajar bahasa Inggris pada Siswa Kelas X Animasi SMK Negeri 1 Sikur dengan menggunakan media pembelajaran yang bervariasi. Prosedur penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019 dengan menggunakan dua siklus melalui tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, dan refleksi.

Ada beberapa pernyataan yang menjadi penyebab rendahnya motivasi siswa dalam belajar bahasa Inggris di SMK Negeri 1 Sikur tahun Pelajaran 2018/2019 yaitu materi pembelajaran yang kurang berkesan, metode mengajar yang kurang menarik, kesempatan dan waktu mengerjakan tugas dan kerja sama dengan teman yang minim. Untuk itu penelitian ini menggunakan model pembelajaran “Menggunakan Media Audio Video untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Inggris Siswa.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan motivasi belajar bahasa Inggris siswa Kelas X Animasi SMK Negeri 1 Sikur Tahun Pelajaran 2018/2019 dengan penerapan model pembelajaran “Penggunaan Media Audio Video”. Hal ini dapat dilihat peningkatannya pada siklus I hanya 59,5 % dan setelah dilakukan tindakan naik menjadi 85,7 % yang berarti naik 26,2 %.

Published

2021-09-10