PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN MATERI PERUBAHAN SOSIAL PADA SISWA KELAS XII IPS SMA NEGERI 1 WANASABA TAHUN PELAJARAN 2020/2021.

https://doi.org/10.53952/jhr.v2i1.354

Authors

  • Ismail SMA NEGERI 1 WANASABA

Keywords:

Model Kancing Gemerincing (KCG), Hasil Belajar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah:1) Untuk mengetahui penguasaan materi ajar Sosiologi Siswa kelas XII IPS di SMA Negeri 1 Wanasaba, 2) Untuk mengetahui peningkatan Prestasi belajar Siswa kelas XII IPS di SMA Negeri 1 Wanasaba, 3) Untuk mengetahui peningkatan Keaktifan  Siswa kelas XII IPS di SMA Negeri 1 Wanasaba Kabupaten Lombok Timur.

Hasil Penelitian Tindakan Kelas ini yakni: 1) kerja kolaboratif dapat mengembangkan guru Sosiologi memahami pembelajaran yang efektif, 2) subjek penerima tindakan berhasil meningkatkan hasil belajar Sosiologi, seperti; perhatian, keberanian, aktifitas meningkat, kemampuan mengajukan pertanyaan dan menyelesaikan soal-soal serta prestasi belajar yang meningkat dari rata-rata pre tes pada pra siklus sebesar (58,64)  meningkat pada hasil pos tes dengan rata-rata nilai sebesar (67,88). Pada siklus I hasil pre tes sebesar (61,10) , meningkat pada rata-rata hasil pos tes sebesar (77,63),. Sedangkan pada siklus II hasil pos tes rata-rata sebesar (73,50), meningkat pada hasil pos tes dengan rata-rata nilai sebesar (83,00). Begitu juga dengan akifitas siswa pada tiap siklus mengalami perubahan kearah lebih baik, dengan persentase masing-masing adalah tahap pra siklus sebesar (25%), pada siklus I meningkat sebesar (55%), dan pada siklus II menjadi (87,5%). Dari hasil penemuan tersebut, peneliti menyimpulkan bahwa pembelajaran dengan model Kancing Gemerincing ( KCG ), pada umumnya dapat meningkatkan prestasi belajar dan aktifitas siswa kelas XII IPS SMA Negeri 1 Wanasaba Kabupaten Lombok Timur.

Published

2021-09-10