PENERAPAN PEMBELAJARAN KELOMPOK TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS XII IPS 1 SMA NEGERI 1 WANASABA TAHUN PELAJARAN 2020/2021

https://doi.org/10.53952/jhr.v2i1.353

Authors

  • SUHIRMAN SMA NEGERI 1WANASABA

Keywords:

Pembelajaran, Kelompok, JIGSAW, Keaktifan Belajar

Abstract

Permasalahan rendahnya keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika difokuskan pada (1) apakah penerapan pembelajaran kelompok tipe jigsaw dapat meningkatkan keaktifan belajar Matematika pada siswa kelas XII.IPS.1 SMA Negeri 1 Wanasaba Tahun Pelajaran 2020/2021?, dan (2) apakah penerapan pembelajaran kelompok tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar Matematika pada siswa kelas .IPS.1 SMA Negeri 1 Wanasaba Tahun Pelajaran 2020/2021?

            Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah (1) Penerapan pembelajaran kelompok tipe jigsaw untuk meningkatkan keaktifan belajar matematika pada siswa kelas .IPS.1 SMA Negeri 1 Wanasaba Tahun Pelajaran 2020/2021, dan (2).  Penerapan pembelajaran kelompok tipe jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas .IPS.1 SMA Negeri 1 Wanasaba Tahun Pelajaran 2020/2021

            Prosedur penelitian ini meliputi dua siklus dimana setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Wanasaba, dengan obyek penelitian siswa kelas XII.IPS.1 yang berjumlah 32 orang siswa yang terdiri atas 20 siswa perempuan dan 12 siswa laki-laki. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pembelajaran Matematika dengan menggunakan pembelajaran kelompok tipe jigsaw dapat meningkatkan keaktifan belajar Matematika, dan (2) hasil tes ulangan harian pada siklus I dan siklus II menunjukkan peningkatan yang signifikan

Published

2021-09-10