KONSELING INDIVIDUAL SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN MENGIKUTI TATA TERTIB SEKOLAH SISWA SMA NEGERI 2 SELONG KELAS X IPA.1SEMESTER1TAHUN PELAJARAN 2019/2020

https://doi.org/10.53952/jhr.v2i1.352

Authors

  • Akhbar Maazi SMA NEGERI 2 SELONG

Keywords:

Konseling Individual, Kedisiplinan

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitiantin dakan kelas yang dilakukan dalam upaya perbaikan terhadap kedisiplinan siswa. Penelitian ini dilakukan dikelas X IPA. 1 pada semester 1 tahun pelajaran 2019/2020 di SMAN 2 Selong, dengan jumlah subjek sebanyak 34 siswa yang disinyalir masih memiliki kedisiplinan yang kurang. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui seberapa besar peningkatan kedisiplinan siswa setelah diberikan tindakan dengan layanan konseling individual. Dari penelitian yang dilakukan didapatkan hasil peningkatan kedisiplinan pada siswa kelas X IPA. 1 yang cukup signifikan. Dari data awal siswa yang hanya mendapatkan rata-rata skor sebesar 18,86 (kategori C) dengan persentase ketercapaian baru mencapai 47,16, pada siklus I kedisiplinan siswa meningkat menjadi 31,54 (kategori B) dengan persentase 78,85.

Meskipun sudah terjadi peningkatan, namun hal tersebut belum optimal. Hal ini disebabkan karena siswa masih banyak yang belum merubah sikap, dan belum menyadari pentingnya kedisiplinan dalam hidup mereka. Sehingga diperlukan adanya perubahan dalam pendekatan yang diberikan agar siswa mampu menyadari kesalahannya, dan mengerti arti penting dari kedisiplinan untuk masa depan mereka. Setelah dilakukan perbaikan pada siklus II, terjadi lagi peningkatan yang lebih baik dibandingkan dengan siklus I. Siswa sudah mampu mencapai rata-rata skor 36,11 (Kategori A) dengan persentase ketercapaian sebesar 90,27. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pemberian layanan konseling individual dapat meningkatkan kedisiplinan siswa. Dan hal ini dapat menjawab permasalahan yang ada.

Published

2021-09-10