MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN STRATEGI ROLE PLAY DI KELAS IX DI SMP NEGERI 2 SIKUR

https://doi.org/10.53952/jhr.v2i1.345

Authors

Keywords:

hasil belajar bahasa inggri, strategi role play

Abstract

Untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Inggris siswa kelas IX Ddi SMPN 2 Sikurt pada materi report text dengan strategi pembelajaran role play. Tujuan penelitian ini adalah untuk: meningkatkan hasil belajar bahasa Inggris siswa di Kelas IX D pada materi report text dengan menggunakan strategi pembelajaran role play di SMP Negeri 2 Sikur. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX D SMP Negeri 2 Sikur sebanyak 31siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk memperoleh data adalah menggunakan test, angket dan observasi. Rentang nilai untuk tes adalah 1-100. Tekhnik analisa data yang digunakan adalah menggunakan teknik penghitungan nilai rata rata hasil belajar siswa, persentase nilai ketuntasan siswa dan persentase nilai ketidak tuntasan siswa. Hasil Penelitian ini menunjukkan terdapat peningkatan hasil belajar dengan menerapkan strategi pembelajaran Role playdengan hasil sebagai berikut: (1) terdapat peningkatan rata-rata hasil belajar siswa, dimana pada tes awalrata-rata hasil belajar siswa adalah 44,52, pada siklus 1 meningkatkan menjadi 62,58 kemudian pada siklus 2 meningkat menjadi 72,58.Terjadi peningkatan jumlah siswa yang tuntas, pada tes awal jumlah siswa yang tuntas hanya 16,13%, meningkat menjadi 58,06% pada siklus 1dan menjadi 80,65% pada siklus 2.Jumlah siswa yang tidak tuntas mengalami penurunan, dimana pada tes awal jumlah siswa yang tidak tuntas mencapai 83,87%,  menurun pada siklus 1 menjadi 41,54%, kemudian menjadi 19,35% pada siklus 2.

Published

2021-09-10