MEMBANGKITKAN KESADARAN DALAM MENINGKATKAN SOSIAL MASYARAKAT PADA SEKTOR EKONOMI, PENDIDIKAN, LINGKUNGAN DAN PERTANIAN

Authors

  • Ahmad Murad universitas gunung rinjani
  • Asrin Universitas gunung rinjani

Keywords:

kesadaran, sosial masyarakat

Abstract

PendudukDesaSukadanasebagianbesarberkerja di sektorpertanian, sehinggatidaksetiapharimendapatpenghasilan.Masapanensayur 1-3 bulan tergantung jenis sayur yag ditanam, selangwaktu yang lama tersebutmembuatpetanitidakmempunyaihasil yang tetapsehinggatarafhidupmasyarakatmasihrendah.Selangwaktu yang cukup lama sebaiknyadimanfaatkanuntukmemperbaikikualitashidup, sebagaitenagakerjaproduktifwaktudantenagadibutuhkandalambekerja.Sumberdaya yang ada di desaperludimanfaatkandengansebaikmungkin. Masyarakatdanpemerintahdesaperlubekerjasama agar sumberdaya yang adatidaksia-siadanmemilikimanfaatlebih.

Proses belajarsendiriadalahsuatuaktivitas yang meliputimembaca, mengobservasi, mendengarkan, meniru, danmengikutiinstruksi.Sementara, banyaksekali yang bisamempengaruhi proses belajarini. Misalnyasepertiteknologiinformasi, teknologikomunikasi, fasilitassekolah, danmasihbanyaklagi. Karenaitu, setiaplembagapendidikanperlumengutamakanaspek-aspek yang dapatmendukung proses belajar. Bangunlahlingkungan yang nyamandankondusif agar siswadapattermotivasidanbisamenangkappelajarandenganmaksimal.

Denganfasilitasdanteknologi yang baik pun, para pengajardapatmenyampaikanpelajarandenganlebihmudahdanefektif. Begitu pun para siswa, merekaakanlebihmudahuntukmembaca, menulis, menghafal, dan lain-lain jikafasilitasdanteknologi yang digunakanolehsekolahmemadai. Sehingga KKN desaSukadana 2023menawarkan program belajar Al-Qur’an dandasar bahas inggris untuk tingkat SD sedangkan untuk anak TK belajarmembaca, menulissertamenghitunguntuksiswa yang dilaksanakanuntukpemecahanmasalah yang ada di Dusun Sukadana Tengahbertujuanuntukmemberikanedukasiterhadapanak-anaksupayabisamenjadipengetahuandasar yang dapat di kembangkansecaramandiri.

Published

2023-12-25