LAPORAN PENGABDIAN INOVASI VARIAN RASA DAN VARIAN BENTUK SERTA PEMANFAATAN DIGITAL MARKETING DALAM PEMASARAN JAJANAN TRADISONAL”KEMBANG RENGGI” DI DESA KEMBANG KUNING KECAMATAN SIKUR LOMBOK TIMUR

Authors

Keywords:

Inovasi_Kreasi, Digital_marketing, Pemasaran_Kembang_Renggi

Abstract

Desa Kembang Kuning  merupakan salah satu desa wisata yang dikukuhkan menjadi  Desa Wisata Terbaik menurut Kementerian Pariwisata (kemenparrekraf) Republik Indonesia pada tahun 2017. Dan pada tahun 2019 desa Kembang Kuning juga  menyabet predikat juara lomba desa wisata katagori berkembang.

Sebagai desa wisata maka desa Kembang Kuning tidak saja berbenah terhadap sarana penginapan berupa home stay dengan memanfaatkan rumah-rumah tradisional sebagai fasilitas menginap dan istirahat bagi wisatawan, juga pembenahan terhadap tempat-tempat makan dengan tetap mengedepankan  nuansa kearifan local sebagai pembeda (differensiasi) dengan desa-desa wisata lainnya.

Jajanan Kembang Renggi yang merupakan kreasi hasil kolaborasi bersama antara mahasiswa KKNT, Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) dan ibu-ibu pembuat jajan home industry dimaksudkan bisa menyentuh seluruh lapisan konsumen dengan melakukan inovasi varian rasa dan varian bentuk yang sesuai dengan minat dan selera pasar.

Perbandingan hasil produksi tradisional dengan hasil produksi inovasi yaitu dalam setiap 5 kg bahan baku akan menghasilkan 237 buah rengginang dengan harga jual rengginang mentah yaitu Rp 506/ buah dan Rp 662/ buah untuk rengginang matang sedangkan produksi rengginang hasil inovasi dan kreasi mahasiswa berkolaborasi dengan ibu-ibu pengusaha rengginang dari 5 kg bahan baku akan menghasilkan 885 buah rengginang dengan harga Rp 248/ buah untuk rengginang mentah dan Rp 400/ buah untuk rengginang matang. Dan keuntungan penjualan rengginang hasil produksi secara tradisional yaitu produksi mentah sebesar Rp 20.000,- dan Rp 12.500,- per 5 kg bahan mentah sedangkan keuntungan rengginang hasil produksi inovasi dan kreasi untuk rengginang mentah yaitu Rp 123.400,- dan Rp Rp 201.600,- untuk rengginang matang.

Key Word: Inovasi_Kreasi, Digital_marketing, Pemasaran_Kembang_Renggi

Published

2023-12-08