PELATIHAN PERBANYAKAN TRICHODERMA SP. DENGAN MEDIA BERAS DI DUSUN SOLONG DESA PESANGGRAHAN KECAMATAN MONTONG GADING LOMBOK TIMUR

Authors

  • Muhammad Anwar Dosen Fakultas Pertanian Universitas Gunung Rinjani
  • Rizal A, M Dosen Fakultas Pertanian Universitas Gunung Rinjani
  • Sarlan Dosen Fakultas Pertanian Universitas Gunung Rinjani
  • Rini E.P Dosen Fakultas Pertanian Universitas Gunung Rinjani
  • M. Nashruddin Dosen Fakultas Pertanian Universitas Gunung Rinjani

Keywords:

Pelatihan, Trichoderma sp., Media Beras

Abstract

 

Pembangunan sektor pertanian khususnya di Kabupaten Lombok Timur bertujuan untuk meningkatkan produksi pertanian guna meningkatkan pendapatan petani dan dapat memenuhi kebutuhan hidup masyarakat, terutama kebutuhan pangan bagi penduduk yang populasinya meningkat dengan cepat. Kehadiran berbagai jenis OPT pada agroekosistem pertanian di Kabupaten Lombok Timur dapat merusak sebagian atau seluruh organ tanaman, kehilangan sebagian produksi, dan tanaman menjadi mati serta gagal panen tidak dapat dihindari yang mengakibatkan petani menjadi rugi. Usaha perlindungan tanaman dapat dilakukan dengan memberikan bahan pembenah tanah dan zat pemacu tumbuh tanaman dengan menciptakan produk yang lebih ramah lingkungan seperti pemberian cendawan Trichoderma sp pada media pertanaman.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PkM) bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan ketrampilan kepada kelompok tani Millenial “Bareng Maju” dan mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Gunung Rinjani tentang bagaimana cara perbanyakan Trichoderma sp. dengan media beras. Pengabdian kepada masyarakat dilaksanakan pada hari Kamis Tanggal 19 November Tahun 2020 bertempat di rumah Ketua Kelompok Tani Millenial “Bareng Maju di Dusun Solong Desa Pesanggrahan Kecamatan Montong Gading Lombok Timur.

Hasil kegiatan PkM ini, peserta dapat memproduksi secara massal dan menyediakan agen hayati Trichoderma sp secara mandiri untuk kebutuhan kelompok tani dan masyarakat.

Published

2021-09-07