PELATIHAN MANAJEMEN LEMBAGA KEUANGAN MIKRO DI KABUPATEN LOMBOK TIMUR

Authors

  • AM. Maturidi Fakultas Ekonomi – UGR
  • Murah FKIP Prodi Pendidikan Akauntansi

Keywords:

Diklat, LKM, Sumberdaya Manusia

Abstract

Tujuan dari pengabdian masyarakat adalah bagaimana para akademisi mengaplikasikan  ilmu yang dimilikinya untuk kepentingan masyarakat, dalam hal ini Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Gunung Rinjani telah melakukan pengabdian pada masyarakat yaitu pendidikan dan pelatihan untuk pengelola lembaga keuangan mikro (LKM) khusus Koperasi dan Bumdes yang bergerak dibidang jasa keuangan. Pengabdian ini berangkat dari permasalahan LKM di Kabupaten Lombok Timur yaitu rendahnya kualitas sumberdaya manusia yang mengelola LKM tersebut.

Tempat dan waktu pelatihan dilaksanakan di Villa Kembang Kuning Desa Kembang Kuning Kecamatan Sikur, pada tanggal 22 Agustus 2020 dengan jumlah peserta 14 orang peserta yang berasal dari empat LKM dan dua  Mart, yaitu 1 orang dari KSU At-Tijaroh, 4 orang dari KSU Mandiri Syariah, 4 orang dari Mart MS, 3 orang dari KSU Tunas Harapan dan 2 orang dari Bumdes Kembang kuning. Materi pelatihan diberikan sesuai dengan kebutuhan yaitu manajemen administrasi, manajemen sumberdaya manusia dan penyelamatan pembiayaan bermasalah.

Tindak lanjut dari pendidikan dan pelatihan ini diharapkan kepada para peserta langsung menerapkanakannya di masing-masing LKM dan akan terus di pantau perkembangannya, secara langsung maupun tidak langsung oleh dosen pembina. 

Published

2021-09-07